Puluhan Pramuka Tegal Lakukan Aksi Peduli Lingkungan

2
Suasana saat kegiatan bersih - bersih sampah

Slawi, Harianjateng.com– Dalam rangka memperingati Hari Baden Powell, Puluhan Pramuka Penegak dan anggota Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA) yang tergabung dalam Pramuka Peduli Kwarcab Tegal melakukan aksi bersih lingkungan kota sebagai bentuk kepedulian Pramuka terhadap kebersihan, Rabu (22/02/2017) bertempat di alun – alun Slawi Tegal Jawa Tengah

Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono,MKes,MM melalui Sekretaris Kwarcab Tegal, Djuliono,S.Sos mengatakan, aksi bersih lingkungan diharapkan mampu menanamkan rasa kepedulian terhadap kebersihan dan lingkungan pada diri anggota pramuka sejak dini. “Selain momentum Hari Baden Powell, aksi ini juga dalam rangka hari Tunas dan bulan peduli sampah nasional, sekaligus mendukung program adipura Kota Slawi dan menciptakan kota Slawi yang teduh dan indah,” ungkapnya.

Dia mengatakan, kegiatan apel bersama di halaman Sanggar Pramuka Kwarcab Tegal. Selanjutnya anggota Pramuka dibagi menjadi tiga titik lokasi aksi bersih lingkungan yakni Taman Monumen GBN Slawi, Komplek Pertokoan Slawi dan Jalan KH Wahid Hasyim hingga depan Rumah Dinas Bupati Tegal.

“Setiap peserta aksi, wajib memungut sampah yang terlihat lalu memasukkannya kedalam kantong plastik yang telah disiapkan sebelumnya,” ucapnya.

Djuliono berharap, kegiatan tersebut mampu menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi serta rasa kedisiplinan. “Sudah saatnya Pramuka berdiri paling depan sebagai ujung tombak pembinaan generasi muda,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Pramuka Peduli Kwarcab Tegal, Nurkhasan menuturkan, selain di wilayah Kota Slawi, kegiatan aksi bersih lingkungan juga dilakukan anggota Pramuka di wilayah Kwartir Ranting dan Gugusdepan di Kabupaten Tegal. “Untuk diwilayah Slawi dan sekitarnya, kegiatan melibatkan sedikitnya 80 anggota Pramuka dari unsur DKC, Ubaloka, SAKA dan perwakilan Penegak se wilayah Slawi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, rangkaian kegiatan Hari Baden Powell ke 160 dan Hari Tunas tahun 2017 antara lain malam renungan dan refleksi, penanaman pohon, bersih lingkungan dan Donor Darah Sukarela. “Kita juga menghimbau jajaran Kwarran menggelar aksi peduli sosial diwilayahnya masing-masing, seperti bersih lingkungan, donor darah dan tanam pohon. Dimana untuk bibit pohon bantuan dari Dinas LH sebanyak 3000, Kwarran yang membutuhkan bisa mengambil di Kwartir Cabang,” pungkasnya.

Re-HJ99


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here