Sayembara Kado Logo Semarang ke 470 Tahun

1
309

Semarang, Harianjateng.com- Dalam rangka merayakan hari jadi ke-470 Kota Semarang yang akan diselengarakan tanggal 2 mei 2017. Dari sekian banyak kegiatan, salah satu acara yang digelar adalah lomba logo untuk HUT Kota Semarang. Tahun ini Pemkot Semarang melalui Semarang Digital Kreatif (SDK) bersama dengan AIDIA (Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia) chapter Semarang berkolaborasi mengadakan sayembara lomba desain logo 470th Semarang.

Acara ini di support liputan dan talkshow oleh TVku sebagai stasiun televisi lokal yang berdiri dan mengudara di Semarang. Dengan hastag #kadologo470, seluruh warga kota Semarang dapat menyumbangkan kado berupa logo dimana pemenang dari lomba logo ini akan menjadi logo resmi HUT Kota Semarang ke-470.

AIDIA sebagai asosiasi yang sudah berbadan hukum, berkomitmen penuh sebagai mitra Pemerintah dalam pengembangan industri kreatif, profesi dan pendidikan terkait Desain Komunikasi Visual. Hal ini dapat dilihat ketika AIDIA Semarang membantu Forum Wartawan Balai Kota (Forwakot) melakukan pendampingan lomba desain logo HUT ke-469 silam. Pada tahun ini AIDIA melakukan proses pendampingan lomba logo dengan ketentuan yang tidak merugikan desainer.

“Seperti kita ketahui bahwa sayembara logo/ kontes desain/ spec work sangat merugikan desainer, mengapa? Banyak contoh buruk seperti ; semua karya yang masuk otomatis menjadi milik panitia, semua peserta harus mengirimkan file asli dengan format digital (.ai/ .cdr) yang rawan disalahgunakan, memilih pemenang berdasarkan “like”terbanyak, atau dewan juri yang tidak kompeten di bidangnya, AIDIA selain memiliki pengetahuan yang luas di bidangnya, juga hadir untuk berlaku jujur dan adil” Tutur Godham Eko Saputro, ketua AIDIA Semarang dan juga dosen di Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Lomba tersebut memliki Persyaratan umum, seperti terbuka untuk umum, WNI berusia di atas 15 tahun, logo harus original dan belum pernah dipublikasikan/ dilombakan sebelumnya, setiap peserta dapat mengirimkan lebih dari 1 karya yang sudah disesuaikan ukurannya menjadi A4 – Landscape format jpeg (300 dpi), dan spesifikasi kode warna logo versi RGB, karya harus jelas bila diperkecil sampai dengan 3 x 3 cm (dapat mendownload format pengiriman logo di bit.ly/kadologo470), melampirkan filosofi dari konsep desain logo berformat .pdf berisi uraian makna logo yang dibuat, dan logo yang dinyatakan sebagai pemenang akan menjadi milik Pemerintah Kota Semarang, sedangkan hak cipta tetap melekat pada desainer. Dewan Juri berhak melakukan perubahan desain pemenang bila diperlukan dan pemenang wajib melakukan revisi.

Sedangkan persyaratan khusus, Logo hanya menampilkan teks ‘470th’ dan ‘Semarang’, penampilan logo menarik dan aplikatif diterapkan pada berbagai kemungkinan teknik dan media, baik 2 dimensi maupun 3 dimensi, logo berupa simbol atau karakter yang menggambarkan Kota Semarang yang progresif, kreatif, dan inovatif. Desain logo dapat diemailkan ke kadologosmg@gmail.com dengan subjek kado logo 470 paling lambat 10 maret 2017 pukul 24.00 wib. Pengumuman pemenang 17 maret 2017 melalui social media SDK dan AIDIA Semarang.
“Setelah melalui proses penjurian, akan dipilih 5 nominator yang akan mempresentasikan konsep logo via social media sehingga terpilih pemenang lomba,” tambah Godham di akhir wawancara.

Penulis : Imam Humaini

Red-HK99

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here