Mahasiswa Udinus Ditawari Beasiswa Stipendium Hungaricum

0
Rektor Udinus bersama Kedutaan Besar Hungaria untuk Indonesia Her Excellency Judith Németh-Pach.

Semarang, Harianjateng.com – Baru-baru ini, Kedutaan Besar Hungaria untuk Indonesia Her Excellency Judith Németh-Pach didampingi sekretarisnya Katalin Böszörményi-Nagy datang ke Universitas Dian Nuswantoro (Udinus). Kedutaan besar Hungaria tersebut datang guna mempresentasikan program beasiswa studi lanjut di Eropa khususnya Hungaria. Mereka menawarkan beasiswa Stipendium Hungaricum kepada civitas akademika Udinus.
Rektor Udinus Prof., Dr., Ir Edi Noersasongko M.Kom dan Wakil Rektor Bidang Penelitian & Kerjasama DR Pulung Nurtantio Andono,S.T, M.Kom menyambut hangat kedatangan Kedutaanbesar Hungaria tersebut di ruang rapat Gedung H lantai 1.

“Merupakan sebuah kebanggaan besar bagi kami karena Kedutaan Besar Hungaria berkenan memilih kampus ini sebagai pilihan untuk kerjasama. Ini layak untuk diapresiasi dan kami sangat senang atas hal ini,” ujar Edi. Ia mengaku sebelumnya juga kedatangan tim dari California untuk kerjasama riset” tambahnya.

Usai acara ramah tamah, HE Judith menyampaikan gambaran mengenai Hungaria kepada dekan dari beberapa fakultas, dosen, mahasiswa TI reguler dan mahasiswa IUP (International Undergraduate Program) yang berkesempatan melanjutkan studi ke Hungaria.

 

Hungaria merupakan salah satu negara yang terletak di jantung Eropa. Hal-hal yang disampaikan diantaranya adalah kondisi ekonomi di Hungaria, kondisi politik, kondisi masyarakat, perdana menteri dan pemerintah, hukum dasar dan pendidikan. “Banyak pelajar dari Asia khususnya dari Indonesia yang membentuk perkumpulan pelajar Indonesia di Hungaria” tutur Judith.
Program Studi Unggulan
Sementara itu,Katalin menjelaskan lebih detail mengenai studi lanjut di Hungaria. Ia mengatakan bahwa Hungaria terkenal dengan pendidikan ilmu kedokterannya, 2/3 dokter di Swedia kuliah di Hungaria. Tidak perlu khawatir melanjutkan studi disana. Meskipun bahasa ibu Hungaria cukup sulit dipelajari, tersedia lebih dari 400 program studi yang dipelajari dengan Bahasa Inggris” jelas Katalin.

 

Bidang studi yang ditawarkan sangat beragam di antaranya seperti ilmu pertanian, seni, bisnis, manajemen dan administrasi publik, ilmu kesehatan dan farmasi, humaniora, pendidikan, Ilmu komputer, hukum, ilmu sosial, ilmu alam, enginering, arsitektur, dan pariwisata. Seperti Indonesia, program pendidikan di Hungaria juga menawarkan banyak program studi di level Bachelor (BA/BSc), Master (MA/MSc) hingga Doctoral (PhD/DLA). Ada beberapa program yang dibuka tahun 2017 di Stipendium Hungaricum Scholarship Programme.

 

Tidak hanya biaya pendidikan, Stipendium Hungaricum Scholarship Programme juga memberikan uang bulanan, asrama dan asuransi kesehatan. “Di tahun akademik 2016/2017 sekitar 3000 mahasiswa memulai studinya di Hungaria” tambah Katalin. Stipendium Hungaricum Scholarship Programme ini sudah ada sejak tahun 2013 lalu.(Red-HJ99/Hms).


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here