Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang Gandeng Kades hijaukan Desa Sarirejo

11
164
Suasana saat menanam pohon di pinggir bahu jalan, disepanjang jalan Desa Sarirejo Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal

Kaliwungu, Harianjateng.com- Mahasiswa KKN Universitas PGRI Semarang gandeng Kades hijaukan Desa Sarirejo dengan menanam pohon, yang bertema “Sak Uwong Sak Uwet Hijau”, Jumat (03/03/2017) di Desa Sarirejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Hadir dalam kegiatan itu, diantaranya Muhammad Safilin Kepala Desa Sarirejo, anggota koramil 11 Kaliwung Sutrisno dan Siswanto, Anwar dari Bakoppak Kiwungu, para pelajar MA, SMP, dan masyarakat sekitar juga ikut hadir berpartisipasi.

Sebelum acara penanaman pohon dimulai, ada apel pagi yang di pimpin langsung oleh Anggota Koramil Kaliwungu. Dilanjut acara yang dimulai dengan membaca do’a dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya.

Ika Puji R masiswa KKN dari UPGRIS Semarang menjelaskan, “penanaman pohon ini untuk penghijauan dan penambahan ogsigen di Desa Sarirejo, sebanyak 270 pohon ditanam di sebagian lahan sawah warga dan dipinggiran bahu jalan sepanjang Desa Sarirejo. Kami disini juga mengajak Siswa – siswi ikut serta dalam kegiatan ini dengan niat memberikan edukasi kepada mereka, agar mereka tahu pentingnya pepohonan bagi keberlangsungan hidup manusia. Kami juga berharap semoga pohon yang sudah ditanam bisa tumbuh dengan baik, supaya bisa memberi manfaat untuk Desa Sarirejo agar terlihat rindang dan sejuk,” ujarnya.

Anggota Koramil 11 Kaliwungu Sutrisno yang ikut mendapingi penanaman pohon tersebut juga mentampaikan, “dari Koramil sangat mendukung sekali program KKN mahasiswa Universitas PGRI Semarang yang dalam hal ini melakukan kegiatan menanam pohon, karena cuaca yang sangat panas dan gersang seperti ini, perlu adanya program penananaman pohon, agar nantinya bisa lebih sejuk, terlebih akan bermanfaat untuk anak dan cucu kita kelak nanti. Dan kalau bisa jangan hanya ditanam, tetapi harus dirawat dan dijaga, agar kita bisa tahu perkembangan pohon tersebut.”

Sedangkan Kepala Desa Sarirejo Muhammad Safilin, menanggapi apa yang tadi sudah disampaikan mengenai perawatan pohon yang sudah ditanam, “kami akan memusyawarahkan kepada Kelompok Tani desa, untuk ikut serta dalam membantu menjaga dan merawat pepohonan yang sudah ditanam, karena dari dulu program KKN di desa kami belum ada program penghijauan, baru kali ini ada program penghijauan. Hal yang sangat bagus sekali dan saya juga sangat antusias dengan adanya program ini yang diberi tema “Sak Uwong Sak Uwet Hijau”, yang nantinya akan menjadikan Desa Sarirejo menjadi Asri, hijau dan masyarakat menjadi sehat. Saya mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa Universitas PGRI Semarang yang sudah menjalankan program – progamnya dengan baik selama satu bulan ini, dan saya juga berharap nantinya program penghijauan ini bisa menjadi contoh untuk berkelanjutan oleh mahasiswa – mahasiswa yang akan KKN di Desa Sarirejo ini,” harap Kades Sarirejo.

Adapun Jenis -jenis pohon yang ditanam, yaitu pohon Afrika, mauni, trembesi, cemara.

Red-HJ99/Heri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here