Karang Pamitran Kwarcab Tegal Hadirkan Pelatih Daerah

2
67

Tegal, Harianjateng.com – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tegal melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Pusdiklatcab mengadakan Karang Pamitran Pembina tingkat Cabang, Sabtu dan Minggu (4-5/3) di Aula Pertemuan SMA 3 Slawi. Kegiatan diikuti puluhan Ketua Mabigus SMP, SMA dan Ketua Kwarran se Kwarcab Tegal. Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI), R Sopan Effendi,S.Pd

 

Ketua Kwarcab Tegal, dr H Widodo Joko Mulyono,MKes,MM melalui Kepala Pusdiklatcab Dewaruci, Djoko Eko Pratomo,M.Pd mengatakan, Karang Pamitran merupakan wadah bertemunya Pembina untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, persaudaraan, dan kualitas pembina pramuka serta menambah wawasan Pembina Pramuka.

 

“Bentuk pendidikan dan pelatihan bagi anggota dewasa dalam Gerakan Pramuka adalah Kursus dan pertemuan yang salah satunya adalah Karang Pamitran,” katanya.

 

Sedangkan, metode yang diterapkan bersumber kepada metode Andragogi dalam suasana keakraban melalui diskusi interaktif, berceritera berbagi pengalaman membina (gelang ajar), bermain peran, kerja kelompok dll.

 

“Karang Pamitran ini digelar dalam koridor Revitalisasi Gerakan Pramuka khususnya dibidang standarisasi sumber daya manusia anggota dewasa Gerakan Pramuka,” ujarnya

 

Hadirkan Pelatih Daerah,

 

Pb Humas Kwarcab Tegal, Nurkhasan menambahkan, Karang Pamitran diisi sejumlah materi diantaranya upacara dalam pramuka, diklat bagi orang dewasa, mugus dan gudep, ice breaking dan outbond managemen. Guna menambah semangat peserta, Pusdiklatcab Tegal juga menghadirkan Tim Pelatih dari Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklatda) Kwarda Jawa Tengah.

 

“Karang Pamitran diikuti 42 peserta dari unsur Kepala Sekolah / Ketua Mabigus SMP dan SMA alumni KMD Dikpora tahun 2016 serta Ketua Kwarran se Kwarcab Tegal,” terangnya

 

Sementara itu, Sekretaris Pusdiklatda Kwarda Jateng, Ahmad Istajib,S.Pd yang menjadi salah satu narasumber berharap, para Ketua Mabigus dan Pembina dapat mendukung kegiatan pembinaan karakter generasi muda melalui Gerakan Pramuka di pangkalan Gugusdepan (Gudep).

 

“Kakak-kakak Mabigus, Ketua Kwarran selaku leader hendaknya dapat mendukung anak-anaknya untuk berprestasi dalam kegiatan Pramuka seperti Pesta Siaga, Lomba Tingkat, Raimuna dan lain-lain,” pungkasnya. (Red-HJ99/Hms).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here