Bupati Pemalang Resmikan BUMDes se Pulosari

2
253
Pemalang, Harianjateng.com РSebanyak 12(dua belas) Badan Usaha Milik Desa(BUM Des) se-Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah  dilounching oleh Bupati Pemalang HM. Junaedi, SH, MM pada Minggu(26/02/2017) bertempat di rest area Bale Gandrung, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.
Sejumlah pejabat teras Kabupaten Pemalang tampak hadir dalam acara launching BUM Des, diantaranya forkompinda, Anggota DPRD Kabupaten Pemalang, Kepala OPD Kabupaten Pemalang, Camat, Kepala Desa se- Kecamatan Pulosari, Ketua Paguyuban Kepala Desa Pemalang (Simongklang), perwakilan KPH wilayah Pekalongan, perwakilan BRI, Perwakilan Melon union dan tamu undangan lainnya.
Ketua panitia penyelenggara yang juga Kepala Desa Pulosari, Setyo Widodo dalam sambutannya menyampaikan,”BUM Des merupakan langkah awal untuk mewujudkan visi dan misi Pemalang Hebat dan langkah awal yang baik sudah mulai dicapai, dengan adanya kerjasama dari beberapa BUM Des se- Kecamatan Pulosari dengan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengembangkan ekonomi rakyat yang berbasis pedesaan, adanya BUM Des di masing-masing desa juga dapat memacu semangat kewirausahaan dan tekad kemandirian desa untuk mensejahterakan masyarakat desa dalam arti luas, hal ini merupakan awal dari sebuah langkah nyata dalam mewujudkan visi misi Kabupaten Pemalang yaitu terwujudnya Pemalang hebat yang Berdaulat, Berjatidiri, Mandiri dan Sejahtera”,ucapnya.
Drs. Rifqi Jaya, MM Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Kabupten Pemalang, dalam sambutannya membacakan  mewakili Bupati Pemalang HM. Junaedi, SH, MM mengatakan desa merupakan ujung tombak perekonomian dalam pemerintahan, apabila ekonomi masyarakat desa dapat meningkat, maka akan kokoh pula sosial dan ekonomi desa tersebut. Bupati Pemalang juga menegaskan bahwa pengembangan BUMDes disesuaikan dengan potensi desa yang ada. Tidak akan mematikan usaha ekonomi rakyat yang sudah ada melainkan harus mampu merangkul potensi ekonomi yang ada di desa tersebut.
Bupati mengingatkan agar pengelola BUMDes dilakukan secara transparan dan dapat dipertangungjawabkan serta dalam manajemen dan marketingnya mampu menggunakan kecanggihan teknologi yang ada misalnya dengan internet maupun web Desa yang sudah ada.
Seusai membacakan sambutan, Rifqi Jaya, Secara simbolis Launching 12 BumDes dan pembukaan rest area Bale Gandrung ditandai dengan penyiraman tanaman dan penamanan kopi arabika.
Dalam kesempatan itu pula diadakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara beberapa BumDes dengan pihak investor maupun mitra kerja lainnya. Rencana kerjasama yang tertuang dalam MoU adalah
1. Rencana kerjasama 7 BumDes di kecamatan Pulosari dengan KPH Pekalongan barat mengenai dukungan rencana kerja pembudidayaan dan pemanfaatan lahan diluar tegakan untuk penanaman dan produksi tanaman kopi arabika
2. Rencana kerjasama BumDes Argosari Pulosari dengan Melon 99 union Pemalang, dalam pengembangan sport dan fun tourism berupa wahana pacuan kuda, memanah dan bumi perkemahan di desa Pulosari
3. Kerjasama BumDes argosari Pulosari dengan BRI link dalam rangka usaha jasa pelayanan keuangan kepada masyarakat
4. Kerjasama BumDes Ngudi Sejahtera desa Pagenteran dg CV. Agrindo Kencana Pasuruan dalam pengembangan agrowisata
5. BumDes argosari Pulosari dengan Yamaha Agung motor Randudongkal dalam memfasilitasi kepemilikan kendaraan bermotor.(Red-HJ99/Joko Longkeyang).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here