Uniknya Haul Kanjeng Sultan Raden Abdul Fattah di Demak

12

Demak, Harianjateng.com – Pawai Panjang Jimat dalam rangka Haul Agung Kanjeng Sultan Raden Abdul Fattah Al-Akbar Sayyidin Panotogomo Ke-514 pada pagi hari ini Minggu (5/3/2017) 3 Jumadil Akhir 1438 H yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid Agung Demak berlangsung lancar. Apalagi, ada sejumlah Anggota Kodim 0716/Demak melaksankan pengamanan pawai akbar tersebut.

 

Sebagaimana pada haul yang lalu, tahun ini acara juga digelar di Masjid Agung Demak. Ribuan warga Demak memadati alun-alun dan jalan yang menjadi rute pawai panjang jimat,. Kegiatan dalam rangka peringatan haul agung Sultan Fatah tersebut mendapat pengawalan dan pengamanan dari Kodim 0716/Demak,Polres Demak,Satpol PP Demak serta Linmas dan diikuti perwakilan sekolah, ormas dan eleman masyarakat lainnya.

 

Hadir dalam giat tersebut antara lain Forkompimda Bupati Dmk Bpk. H.M. Natsir, SAg. MM. MPd, Dandim 0716/Demak diwakili oleh Danramil 09/Krng Tengah Kapten Etok Sulistyono, Kapolres Demak diwakili oleh Kasat Bimas Polres Dmk AKP M. Cholil, SH.MSi, Wakil bupati Dmk Bpk. Drs.H. Joko Sutanto, Ka Kemeneg Kab. Dmk Bpk. Drs H.M. Thobiq, MSi, Ketua MUI Kab. Dmk Bpk. Drs.H.M. Asyiq, serta Peserta Pawai lk 1.500 org.

Mereka menunjukkan berbagai bakat dan keahlian yang bernuansa religi sesuai tema kedaerahan yakni kota wali. Pawai yang dibuka langsung oleh Bupati Demak H.M Natsir itu menjadi magnet bagi wisatawan lokal. Pada barisan pawai, paling depan adalah siswa yang membawa bendera merah putih kemudian kelompok santri yang berpakaian ala walisongo. Di belakangnya perwakilan sejumlah sekolah yang menampilkan berbagai kesenian, termasuk seni tari zipin.

Kegiatan yang lebih dikenal dengan sebutan ‘Pawai Panjang Jimat’ ini diikuti oleh 50 kelompok barisan berjumlah ribuan orang. Diantaranya rombongan tingkat SD, SMP, SMA dan juga kalangan umum. Pawai panjang jimat ini diselenggarakan oleh Takmir Masjid Agung Demak. Seperti halnya pada haul-haul yang lalu, tahun ini acara juga digelar di Masjid Agung Demak.

Pawai tersebut juga diikuti ratusan pelajar dari sejumlah TK hingga SMA, serta dimeriahkan iring-iringan sepeda, becak hias, drumband, rebana, rombongan OSIS dan Pramuka. Rute pawai dimulai dari depan Masjid Agung Demak, kemudian menyusuri Jalan Kyai Singkil, Jalan Bhayangkara,  Pertigaan pendopo Kab. Demak belok kanan dan Finish SDN 2 Demak. (Red-HJ99/pdm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here