Sekretaris Kabinet Deputi Bidang Perekonomian Kementan Kunker ke Demak

1

Demak, Harianjateng.com – Untuk mengawal program Upsus, pemerintah melalui Kementerian Pertanian telah menggandeng TNI. Di lapangan, TNI menerjunkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) ikut mengawal dan mendampingi petani, mulai dari proses mengolah tanam hingga panen.

Dalam kunker di Gudang Bulog Katonsari tersebut didampingi Ka Divre Wilayah 1 Semarang Gatot Indro Waluyo, Dirops pelayanan publik karyawan Gunarso, Ka Gudang Bulog Katonsari Demak Sartono, Gapoktan Pangudi Mulyo Ds. Mulyorejo sebagai mitra Bulog Bp. Jasmadi, Koordinator PPL Kec. Demak Riyanto, SP serta Serda Mahmudin Babinsa Ds. Mulyorejo (sebagai pendamping Gapoktan Pangudi Mulyo).

 

Babinsa bersama penyuluh pertanian juga melakukan pengawalan dan pendampingan ke petani sampai semua hasil panennya (gabahnya) diserap Perum Bulog. “Babinsa tak sekedar melakukan pendampingan, tapi punya tanggungjawab ke pemerintah agar serap gabah petani (Sergap) yang dicanangkan bisa berjalan lancar,” kata Babinsa Mulyorejo Koramil 01/Demak Serda Mahmudin saat mendampingi Kunjungan Kerja dari Sekretaris Kabinet Deputi Bidand Perekonomian Ibu Ir. Agustina, M.Si dari Jakarta, pekan lalu.

Kunjungan Kerja rencana semula akan meninjau ke Gapoktan Pangudi Mulyo sebagai Mitra Bulog, namun karena terbatasnya waktu maka Gapoktan yang merapat ke Gudang Bulog Katonsari Demak.

Sekretaris Kabinet Deputi Bid Perekonomian Ir. Agustina, M.Si tersebut menyampaikan bahwa monitoring kegiatan serap gabah dan beras oleh Bulog  mengalami  kendala-kendala yang dihadapi oleh Gapoktan/para petani saat ini dan akan merespon serta segera menindaklanjuti secepatnya,”terang Agustina.

Disela sela kunjungan Gapoktan, PPL serta  Babinsa juga menyampaikan kendala kendala di lapangan diantaranya terbatasnya tenaga pemanen pada saat panen bareng,harga gabah yg sempat merosot sangat merugikan petani dan mohon dapatnya dukungan alat pengering (dryer) serta combine.

Pendampingan dan pengawalan Babinsa di lapangan akan terus dilakukan. Bahkan setiap kegiatan Babinsa di lapangan selalu dilaporkan. Mulai dari kegiatan pengolahan tanah sampai panen ada laporannya setiap hari. (Red-HJ99/pdm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here