Kwartir Kendal Dalam Pesta Siaga Binwil Semarang Jadi Tuan Rumah

1
suasana saat anak - anak pesta siaga foto bersama dengan Bupati Kendal

Kendal, Harianjateng.com- Pesta siaga tingkat Binaan Wilayah (Binwil) Semarang Minggu (26/03/2017) yang dislegarakan di Alun alun Kendal, Acara dibuka oleh Bupati Kendal dr Mirna Annisa.M.Si dengan pemukulan gong. Ada enam kabupaten / kota yang mengikuti yaitu Kendal, Demak, Kabupaten Semarang, Grobogan, Kota Semarang, dan Kota Salatiga.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Kwarda Pramuka Jateng, Ketua Kwartir Cabang Kendal, Bupati Kendal dr Mirna Annisa, dan seluruh Ketua Kwartir Cabang se Kabupaten /Kota semarang.

“Ada 600 peserta Pesta Siaga SD masing-masing kabupaten mengikutkan tiga barung putra dan tiga barung putri. Kegiatan ini supaya lebih mengenalkan pramuka kepada anak – anak, pramuka sebagai ajang silaturahmi agar mengenal satu sama yang lainya, dan perlombaan yang menyenangkan,” ujar Kusumastuti Pembina Pramuka Binwil Semarang.

“Kegiatan Pesta Siaga ini banyak sekali manfaatnya, Pesta Siaga ini untuk mampu mengukur kemampuan, wawasan, dan membandingkan sejauh mana kemampuan setiap peserta pesta siaga. Diantara seluruh peserta untuk bisa saling bercerita, berbagi pengalaman, hal ini untuk menumbuhkan rasa senasib dan sepenanggungan”, harap Inspektur upacara Wakil Bupati Kendal Masrur Masykur.

Pesta Siaga tersebut terdiri dari 17 macam kegiatan yang disebut dengan Taman. 17 taman tersebut diantaranya Taman Keimanan dan Toleransi,Taman Ketaqwaan, Taman Bersudara, Taman Kepribadian 1, Taman Kepribadian 2 / Atribut, Taman PBB, Taman Lempar Kolong, Taman Pentas Seni, Taman Tanah Airku Indonesia, Taman Bumbung Kemanusiaan, Taman Kebersihan, dan Taman Administrasi, Taman Pengetahuan Umum, Taman Daya Ingat Bentuk/Warna, Taman Serupa tapi tak sama, Taman Tali-temali, Taman Kompas, . “Di tiap-tiap Taman ini, para peserta menunjukkan kemampuannya untuk dinilai oleh para juri, dan setiap barung harus mengikuti kegiatan tersebut yang nantinya akan di komulatifkan hasil di akhir kegiatan,” jelas Hernowo Ketua Kwarda Jateng.

Bupati Kendal dr Mirna Annisa juga menyampaikan, agar para peserta bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik, ceria, gembira dan penuh suka cita, serta untuk menambah teman dan sahabat baru, bukan saling untuk menambah permusuhan, karena pada dasarnya semuanya adalah saudara. Melaksanakan tugas-tugas yang diberikan dengan ikhlas, karena tugas-tugas tersebut akan memberikan manfaat bagi semua di masa yang akan datang.

Kendal mengirimkan tiga barung putra dan tiga barung putri, yang merupakan juara 1, 2 dan 3 Pesta Siaga tingkat Kab Kendal. Barung Putra berasal dari SD Brangsong, SD Cening Singorojo, dan SD Weleri, sedangkan Barung Putri diwakili oleh SD Brangsong, SD Pageruyung, dan SD Cening Singoro.
Red-HK99/Heri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here