Kendal Terima Opini WTP Laporan Keuangan Pemkab

0

Semarang, Harianjateng.com- Pemerintah Kabupaten Kendal, Rabu (7/6) melalui Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si menerima penghargaan dari Badan Pemeriksaan Keuangan berupa opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) atas laporan Keuangan Daerah Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2016 pada kegiatan Penyerahan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2016 di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah.

Bersama dengan 31 Pemerintah Daerah lain di Jawa Tengah, Pemkab Kendal menerima penghargaan dari Kepala BPK Perwakilan Jawa Tengah, Heri Subowo, SE, MPM, Ak yang disaksikan anggota V BPK RI Ir. Isma Yatun, MT dan Tortama V Dr. Bambang Pamungkas, MBA, CA, Ak dan dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, SH, MIP, Ketua DPRD Jateng Kendal Rukma Setiyabudi, 24 Ketua DPRD se – Jawa Tengah dan 24 Bupati / Walikota di Jawa Tengah yang menerima LHP LKPD TA. 2016.

Selama kurun waktu tiga tahun terakhir, menurut ketua BPK Jateng Heri Subowo, telah terjadi peningkatan tata kelola keuangan daerah di Provinsi Jawa Tengah. Pada 2015 BPK memberikan opini WTP atas LKPD Tahun 2014 untuk 12 Pemerintah Daerah dan opini WDP ( Wajar Dengan Pengecualian ) untuk 24 Pemerintah Daerah. Pada tahun selajutnya ( 2016 ) sebanyak 21 Pemerintah Daerah memperoleh opini WTP atas LKPD Tahun 2015 dan 15 Pemerintah Daerah meraih opini WDP. Sedangkan pada 2017 sebanyak 31 Pemerintah Daerah ( Kabupaten dan Kota ) memperoleh opini WTP sementara sisanya empat daerah mendapatkan opini WDP dan satu daerah masih dalam proses penyelesaian laporan.

Dengan demikian terdapat peningkatan signifikan Pemerintah daerah yang memperoleh opini WTP dan penurunan signifikan Pemerintah daerah yang memperoleh opini WDP.

Upaya yang dilakukan BPK jateng dalam mendorong penerapan akuntansi berbasis akrual, maupun penyajian LKPD, serta peningkatan akuntabilitas dan transparansi LKPD se – Jawa Tengah dalam dua tahun terakhir antara lain komunikasi yang intens dengan stake holder, pemeriksaan dukungan terhadap LKPD serta persiapan dan pelaksanaan audit LKPD yang efektif.

Bupati Mirna menyampaikan penghargaan setinggi – tingginya atas kerja keras semua pihak terutama OPD yang terkait dalam penyelesaian laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Kendal terutama dalam penyelesaian soal aset daerah yang menjadi hambatan dalam memperoleh WTP.

Bupati Mirna menilai pencapaian dan penghargaan WTP ini merupakan tugas berat untuk dipertahankan dan dapat dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab. Bupati berharap pada penilaian Tahun 2018 mendatang, seluruh OPD bisa mempertahankannya.

Mirna mengajak semua jajarannya untuk membulatkan tekad untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik, profesional dan transparan, serta dengan hati yang tulus dan ikhlas, dengan selalu berpedoman pada prinsip 5 T yaitu : Tepat Waktu, Tepat Mutu, Tepat Volume, Tetap Sasaran dan Tertib Administrasi.

Setelah 15 Tahun akhirnya Pemerintah Kabupaten Kendal mendapatkan penghargaan Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI. Predikat WTP akhirnya dapat diterima Pemerintah Kabupaten Kendal dalam pengelolaan keuangan daerah. Keberhasilan ini merupakan pencapaian luar biasa dan kerja keras seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan semua pihak, serta perlu mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Dengan WTP ini membuktikan transparansi anggaran di seluruh OPD bisa dirasakan masyarakat. Predikat WTP ini juga membuktikan bahwa pemerintah dalam menentukan kebijakan anggaran dianggap mampu melaksanakan sendiri dengan baik.

Red-HJ99/HR

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here