Launching Aplikasi Sistem Informasi Managemen Analisis Jabatan Terpadu (SIMANTAP)

0

Kendal, Harianjateng.com- Kabupaten Kendal tengah berupaya mensinergikan segala potensi dan sumber daya unggul yang ada menuju Smart City dalam rangka mewujudkan visi untuk menjadi “Permata Pantura” pada tahun 2021. Smart City merupakan konsep kota cerdas yang didukung dengan smart government, smart infrastructures, smart mobility, dan smart services.

Keberhasilan Kabupaten Kendal untuk menjadi Smart City tentunya tidak lepas dari adanya pemerintahan yang ditunjang dengan aparatur yang handal dan profesional. Untuk itu, keberadaan e-government sangat besar peranannya dalam mendukung kinerja Pemerintah Daerah dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pembangunan serta pelaksanaan pelayanan publik.

Seiring dengan tekad Kabupaten Kendal menuju Smart City dan Permata Pantura, Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Kendal merintis inovasi berwujud aplikasi online berbasis web untuk mendukung kinerja penyusunan analisis jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal. Aplikasi tersebut diberikan nama “Sistem Informasi Manajemen Analisis Jabatan Terpadu (SIMANTAP)”.

Sistem Informasi Manajemen Analisis Jabatan Terpadu (SIMANTAP) merupakan suatu aplikasi yang didesain untuk penyusunan analisis jabatan yang komprehensif dan terintegrasi dimulai dari analisis jabatan, evaluasi jabatan, standar kompetensi manajerial, dan analisis beban kerja. Di samping itu, aplikasi SIMANTAP dapat berfungsi untuk mengelola seluruh database hasil penyusunan analisis jabatan dan dapat diakses oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah untuk kepentingan manajemen kepegawaian.

Sistem Informasi Manajemen Analisis Jabatan Terpadu (SIMANTAP) baru saja di-launching oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Ir. Bambang Dwiyono, MT, pada hari pada hari Selasa 18 Juli 2017 jam 08.00, bertempat di Ruang Kerja Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal.

Kegiatan launching SIMANTAP dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Staf Ahli Bupati Bidang Keuangan, Perekonomian, dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Diskominfo, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP), Para Kepala Bagian di lingkungan Setda, Para Kabid pada BKPP, Tim Analisis Jabatan.
Kegiatan launching diliput oleh kalangan media (pers) dari Jawa Pos, Swara Kendal. dan asatu.id.

Pembuatan aplikasi SIMANTAP dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu tahap I (jangka pendek) adalah pembuatan aplikasi analisis jabatan dan evaluasi jabatan, tahap II (jangka menengah) adalah pembuatan aplikasi standar kompetensi manajerial dan target selesai maksimal Desember 2017, tahap III (jangka panjang) adalah pengintegrasian aplikasi analisis beban kerja ke dalam aplikasi SIMANTAP dan target selesai maksimal Agustus 2018.

Pembuatan aplikasi SIMANTAP saat ini baru sampai pada Tahap I. Sebenarnya Kabupaten Kendal sudah memiliki aplikasi analisis beban kerja yang berbasis web, yang nantinya akan diintegrasikan ke dalam aplikasi SIMANTAP pada tahap akhir pengembangan aplikasi SIMANTAP.

Aplikasi SIMANTAP merupakan aplikasi berbasis web yang dipasang/diinstal pada server Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal sehingga dapat diakses online oleh Tim Analisis Jabatan dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal.

Manfaat aplikasi SIMANTAP :
Bagi Tim Analisis Jabatan Kabupaten Kendal bermanfaat untuk membantu penyusunan analisis jabatan, evaluasi jabatan, standar kompetensi manajerial, dan analisis jabatan secara lebih mudah, lebih cepat, dapat dilakukan di manapun dan kapanpun karena dapat diakses online;
Bagi Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Kendal bermanfaat untuk mempermudah melakukan monitoring dan verifikasi terhadap hasil analisis evaluasi jabatan, standar kompetensi manajerial, dan analisis beban kerja yang disusun oleh Tim Analisis Jabatan Kabupaten Kendal, serta membantu pengelolaan database hasil analisis evaluasi jabatan, standar kompetensi manajerial, dan analisis beban kerja.

Bagi Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Kendal bermanfaat untuk mengakses hasil analisis jabatan, evaluasi jabatan, standar kompetensi manajerial, dan analisis beban kerja untuk kemudian dimanfaatkan dalam manajemen kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal, Bagi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kendal bermanfaat untuk memperkaya khasanah implementasi e-government di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal.

Bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal bermanfaat untuk mengakses hasil analisis jabatan, evaluasi jabatan, standar kompetensi manajerial, dan analisis beban kerja untuk keperluan manajemen kepegawaian di OPD-nya masing-masing.

Pembuatan aplikasi SIMANTAP pada tahap I (jangka pendek) ini tidak dibuat oleh pihak ketiga/rekanan, tetapi dibuat secara mandiri oleh anggota Tim Analisis Jabatan Kabupaten Kendal yang memiliki kompetensi di bidang teknologi informasi. Ada beberapa anggota Tim Analisis Jabatan Kabupaten Kendal yang memiliki kompetensi di bidang teknologi informasi, ada yang bertugas di Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan, dan Badan Keuangan Daerah.

Belum banyak daerah yang memiliki aplikasi penyusunan analisis jabatan yang terintegrasi seperti SIMANTAP. Di Jawa Tengah sendiri berdasarkan hasil pantauan, belum ada Kabupaten/Kota yang sudah memiliki aplikasi penyusunan analisis jabatan. Bahkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sendiri juga belum memiliki aplikasi semacam ini.

Ke depan diharapkan pengembangan aplikasi SIMANTAP dapat dilaksanakan dengan sukses sesuai dengan yang sudah direncanakan dan dapat menjadi rujukan/referensu bagi daerah-daerah lain yang berniat melakukan studi komparasi mengenai aplikasi penyusunan analisis jabatan yang terintegrasi. Di samping itu, daerah-daerah lain nantinya dipersilahkan untuk melakukan replikasi aplikasi SIMANTAP yang sudah dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Kendal yang dalam pengembangannya dapat dikonsultasikan ke Pemerintah Kabupaten Kendal melalui OPD/unit kerja yang berwenang.

Harapannya aplikasi SIMANTAP ini dapat berguna bagi seluruh stakeholder terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal dan hasil-hasil analisis jabatan dapat digunakan sebagai rekomendasi dalam manajemen kepegawaian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal dalam rangka mewujudkan SDM aparatur Pemerintah Kabupaten Kendal yang handal dan berdaya saing yang bermuara pada peningkatan reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan publik.

Red-HJ99/Heri Susanto

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here