Kegiatan Penguatan Fungsi dalam Upaya P4GN BNNK Kendal Kepada Kelompok Kesenian Group Barongan Langen Budoyo Mudho Taruno

0

Kendal, Harianjateng.com- Group seni Barongan Langen Budoyo Mudho Taruna Desa Langenharjo Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, gladi bersih akan mendeklarasikan Anti Narkoba, Minggu (8/10/2017) bertempat di SD 3 Langenharjo.

Group seni barongan ini adalah kelompok yang berkomitmen meninggalkan kebiasaan buruk minum-minuman keras dan narkoba, baik saat latihan maupun pementasan. Group seni ini terdiri dari para pemuda karang taruna dan anak-anak mulai tigkat pelajar SD,SMP,SMA, hingga Kuliah.

Dalam rangka penguatan fungsi kelompok kesenian rakyat khususnya barongan yang merupakan kesenian rakyat khas Kendal,  BNNK Kendal melaksanakan program peningkatan dan penguatan fungsi kelompok kesenian dalam upaya pencegahan pemberantasan dan peredaran gelap narkoba.
Program ini dilatar belakangi masih banyaknya kelompok kesenian rakyat yang ada di Kendal ini yang dalam kehidupan dan pentas keseniannya berbalut narkoba.

Gembong Sapto Nugrho Kasi Pemberdyaan masyarakat BNNK Kendal mengatakan bahwa ini sebuah kondisi yang memprihatinkan, manakala kesenian yang kita dudukan dalam sastra yang adiluhung. Tidak hanya menjadi tontonan tapi juga menjadi tuntunan. “Dibarengi dengan fakta bahwa kebanyakan besar dari mereka saat pementasan dengan kondisi mabuk. Sebuah alasan yang tidak tepat manakala yang menjadi argumentasi adalah untuk menambah percaya diri saat penampilanya.”

Lanjut Sapto, kenyataan lainya adalah budaya yang tidak sehat ini terus berkembang dan turun temurun karena sesepuh mereka seakan membiarkan dan membenarkan perilaku tersebut.

Disisi yang lain, kesenian yang akrab dengan masyarakat menengah kebawah ini, bisa dipastikan saat pementasan penuh dengan penonton, kesempatan itulah yang sebenarnya juga sangat berpotensi membantu BNN untuk menyebarluaskan informasi melalui pertujukannya.

Sapto juga menambahkan, “dari sisi inilah dirasakan perlu untuk memberikan upaya menyehatkan, supaya dapat memulihkan funsinya sebagai media penyebarluasan informasi bahaya penyalahgunaan narkoba.”

Kelompok yang dijadikan model pelaksanaan ini adalah kelompok kesenian barongan Langen Budhaya Mudha Taruno yang masih eksis di Kecamatan Kendal.

“Ikrar yang akan dilaksanakan dipangung arena pentas vestifal kesenian rakyat se Kabupaten Kendal pada Rabu 11 oktober 2017 di lapangan sepak Bola Gemuh Kendal’ rencananya juga akan di hadiri jajaran pimpinan BNNP Jateng dan BNNK Kendal, sebagai model pembinaan dan penguatan kelompok kesenian yang ada di Kabupaten Kendal sehingga kedalam mereka sehat tanpa narkoba dan pada saat keluar mereka dapat secara kreatif dan inovatif menyampaikan bahaya narkoba kepada para penonton,” tutup Gembong Sapto Nugroho.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan tes urine kepada semua anggota group dan hasilnya dinyatakan negatif penyalahgunaan narkoba.

 

Red-HJ99/Heri Susanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here