Field Trip SD Muhammadiyah Kutoarjo, Bersama TNI Siswa Kuat

7

Purworejo, Harianjateng.com – Field trip gelombang kedua SD Muhammadiyah Kutoarjo yang kali ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 4 dengan 6 guru pendamping dengan mengerahkan 4 armada mini bus menuju lokasi yang sudah ditentukan yakni Batalyon Infanteri Mekanis 412/ Bharata Eka Sakti yang beralamat di Jl.Kesatrian No. 2 Pangenrejo, Purworejo. Disampaikan Nela Febriastuti, S.Pd. selaku Humas Sekolah bahwasanya agenda ini sebagai bentuk pengenalan siswa kepada militer, segala aktivitas dan lingkungan markasnya.

Setiba dilokasi rombongan kami pun disambut oleh Team Jasmani Militer (Jasmil) yang dalam kesempatan ini menerjunkan 12 instruktur yang akan memandu selama kegiatan berlangsung. Kegiatan awal anak-anak langsung disuguhkan menu baris berbaris dan peregangan otot.

Setelah itu menyelesaikan sesi pemanasan dengan menggunakan kendaraan PJD (pertempuran jarak dekat) secara bergantian anak-anak diantar menuju lokasi utama kegiatan yaitu diarea halang rintang. Di area itu terdapat banyak halang rintang yang menjadi menu wajib bagi para TNI yakni melintas jaring, jembatan tali satu, dinding tegak, jembatan halang rintang 4 (HR4) papan bergoyang, area melompat, merayap dan masih banyak lainnya.

Hampir semua halang rintang anak anak mampu mengikutinya dengan baik meskipun ada juga yang mengikuti dengan rasa takut. Suasana menjadi semakin seru karena anak-anak merasa dekat, akrab dan bahkan penuh tawa bersama para tentara.

Dan disinilah nilai-nilai yang anak-anak dapatkan mereka dikenalkan tentang disiplin, teliti, berani, pantang menyerah. Juga anak-anak dapat belajar bersama tentara dengan menyenangkan. Menu selanjutnya adalah anak-anak secara bergantian berputar-putar mengelilingi batalyon dengan mengendarai tankpur M113.

Setelah menyelesaikan rangkaian di lapangan, semua siswa mendengarkan penjelasan tentang kendaraan sarana transportasi yang sudah dinaiki serta penjelasan tentang peran, tugas pokok dan fungsi TNI. Anak-anak pun antusias mendengarkan dan juga bertanya. Kegiatan ini diakhiri dengan sholat dzuhur berjamaah di Masjid at-Taqwa komplek 412, serta foto bersama dengan team Jasmil. Setelah berpamitan dan bersalaman semua rombongan pun kembali menuju sekolah.

“Semoga kegiatan ini menjadikan goresan kenangan tersendiri bagi anak-anak. Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada team instruktur yang totalitas memandu kegiatan, dan juga terima kasih setinggi-tingginya kepada DANYON Letkol Fendi Navyanto Raminta, yang telah memberi izin untuk kegiatan tersebut. Semoga kerjasama ini terus berlanjut. Bravo 412 bersama tentara siswa kuat,”pungkas Nela Febriastuti, S.Pd. (Red-HJ98/Hms).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here