Imigrasi Kelas II Pemalang, Luncurkan Pelayanan Paspor Online

3

Pemalang, Harianjateng.com – Di penghujung tahun 2017 kantor Imigrasi Kelas II Pemalang, Jawa Tengah membuat inovasi baru yaitu dengan meluncurkan pembuatan pasport secara online.

Dikatakan oleh Prihatno Juniardi Kasi Infokim/humas Kantor Imigrasi Kelas II Pemalang, aplikasi permohonan pasport on line adalah aplikasi yang dibuat untuk menghindari penumpukan calon pemohon paspor di unit layanan paspor/kantor imigrasi. Oleh karena itu aplikasi ini dibuat sedemikian rupa agar masyarakat yang ingin membuat pasport tidak perlu mengantri lagi di loket antrian unit layanan pasport, kini hanya dengan registrasi di aplikasi android, i-os, dan website permohonan pasport masyarakat bisa memperoleh nomer antrian dan juga kejelasan kapan masyarakat tersebut alan dilayani dikantor imigrasi /unit layanan pasport.

Selain itu dalam semua jajaran aplikasi permohonan pasport ini, masyarakat dapat memohon antrian sebanyak lima permohonan, hal ini dilakukan untuk mempersingkat antrian jika ada pemohon yang ingin membuat paspor bersama keluarganya.

“Pada prinsipnya adalah mempermudah layanan paspor dan juga membuat nyaman para pemohon paspor di kantor-kantor imigrasi,” kata Prihatno.

Lebih lanjut disampaikan oleh Prihatno, untuk unit Imigrasi Kelas II Pemalang saat ini pelayanan kuota antrian paspor secara online sudah mencapai 60 pemohon/hari dan pemohon dapat memilih hari sekaligus jam pelayanan sesuai dengan kesempatan yang dimiliki oleh si pemohon itu sendiri.

Prihatno juga mengatakan, sistem antrian paspor online ini juga menutup kemungkinan adanya percaloan karena pemohon mengajukan permohonannya sendiri secara pribadi dengan mengakses link, antrian imigrasi.go.Id atau mengunduh aplikasi di google play- paspor online.

Melihat animo masyarakat yang demikian respon terhadap penggunaan paspor online, pihak imigrasi kelas II Pemalang kedepan akan menambah kuotanya, “kedepan kantor Imigrasi kelas II Pemalang akan memperbesar kuota antrian pasort online, sehingga kesempatan masyarakat semakin besar untuk memperoleh antrian paspor online.”

Kepala kantor Imigrasi kelas II Pemalang Supartono, melalui kasi infokim Prihatno Juniardi berharap masyarakat yang akan membuat paspor bisa menggunakan fasilitas online ini secara maksimal, “kami berharap para pemohon jasa keimigrasian khususnya pemohon pasport dapat menggunakan sistem antrian pasport online secara maksimal,” pungkasnya.

Red-HJ99/Joko Longkeyang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here