Ferry: Atur Desa Wisata dengan Raperda

1

Semarang, Harianjateng.com– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah di Komisi B saat ini masih menyusun rancangan peraturan daerah (Raperda), yaitu inisiatif tentang pengembangan desa wisata di Jawa Tengah.

“Pentingnya menyusun perda tersebut untuk membuat produk hukum guna mengatur adanya desa wisata di sejumlah tempat,” ujar Ferry Firmawan Anggota Komisi B DPRD Jateng, saat ditemui rekan media, Rabu (31/01/2018).

Ferry mengungkapkan, Komisi B DPRD Jateng sudah mengunjungi disejumlah daerah di Jateng untuk mengetahui dan memantau perkembangan desa wisata, ada beberapa daerah yang memiliki desa wisata terkenal dan ada juga daerah yang belum memiliki wisata terkenal hingga saat ini.

“Meskipun belum optimal tetapi kami berharap dengan adanya penyusunan Raperda ini, keberadaan desa wisata akan semakin bertambah dan berkembang, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitarnya sekaligus menopang pendapatan asli daerah,” harap Ferry

Menurut Ferry, terkait dengan pengembangan desa wisata, perlu ada syarat dan kriterianya, yaitu dimulai dari sarana dan prasarana, pola pengembangan dan pengelolaan, serta kesiapan masyarakat dalam menerima wisatawan.

“Desa tersebut harus memiliki objek yang unik dan langka, memiliki jalur yang mudah dicapai, keamanan dan kenyamanan desa juga menjadi hal penting karena berkaitan dengan kenyamanan para wisatawan,” tutur Ferry.

Lanjut Ferry, seperti yang telah diatur di Peraturan Menteri (Permen) tentang Kepariwisataan No. 10 tahun 2009, dari menetapkan destinasi, daya tarik, pendaftaran usaha pariwisata, hingga pengalokasian anggaran kepariwisataan sudah diatur. “Jadi harus ada kriteria yang menjadi desa wisata,” jelas Ferry yang juga Politisi Demokrat itu.

Apresiasi diberikan oleh Ferry kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang dapat mengembangkan potensi wisata daerahnya dengan baik.

“Sekarang ini mulai banyak pemuda yang punya kesadaran untuk mengembangkan desanya yang berpotensi sebagai objek wisata,” tutup Ferry yang juga merupakan Ketua HIPMI Jateng tersebut.

Red-HJ99/Ovan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here