Rakor Peningkatan Partisipasi Masyarakat Pilgub Jateng 2018, Dandim Demak Tegaskan Netralitas

0

Demak, Harianjateng.com- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Demak mengadakan Rapat Koordinasi Peningkatan Partisipasi Masyarakat pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018, Kamis (8/2/2018) bertempat di Rumah Makan kalijaga Jl Lingkar Demak Botorejo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kabupaten Demak dr. Singih Setiyono, M.M., Kes, Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf Abi Kusnianto, Kapolres Demak yang diwakili Kanit Ipda Heru, Ketua KPUD Kabupaten Demak Mahmudi, S. Ag, M. Fil.I beserta komosioner, Sekwan DPRD Demak Yulianto, SKPD terkait se Kabupaten Demak, Ketua Partai se Kabupaten Demak serta tamu udangan lainhnya.

Mahmudi, S. Ag, M. Fil.I dalam sambutannya menyampaikan, “diadakannya rapat koordinasi ini bertujuan terjalinnya kerjasama antara KPU Kabupaten Demak dengan elemen-elemen masyarakat untuk mampu menyampaikan informasi yang jelas kepada masyarakat, dengan harapan agar masyarakat tahu alur pencalonannya, siapa calonnya dan menghasilkan pemilu yang berkualitas.”

“Proses Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang hanya lima menit akan menentukan lima tahun yang akan datang,” ujarnya Mahmudi.

Dalam Sambutannya Sekda Demak dr. Singih Setiyono juga menyampaikan, “dalam rapat Koordinasi ini, pemerintah menyediakan data kependudukan, dalam bentuk data agregat kependudukan Kecamatan sebagai bahan penting bagi kami dalam menyusun daerah pemilihan anggota DPRD kabupaten, KPU provinsi dan kabupaten kota dapat meminta bantuan kepada pemerintah, dan pemerintah daerah untuk menyediakan sarana dan prasarana PPK dan PPS.”

“Pada saat hari H akan ada monitoring kelancaran penyelenggaraan pemilu dan kegiatan lain, sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan pemilu dan peran Pemda dalam sosialisasi Pemilu dapat dilakukan dalam berbagai bentuk seperti seminar peyuluhan spanduk banner iklan layanan masyarakat pemilu dan lain-lain, monitoring kelancaran penyelenggaraan Pemilu pembentukan tim monitoring di daerah,” ungkap Sekda.

Sementara itu, Dandim 0716/Demak, Letkol Abi Kusnianto menekankan bahwa Sosialisasi tersebut sangatlah penting yang harus disampaikan kepada masyarakat. Dan TNI POLRI siap untuk memback-up dan mengamankan Pilbub dan Pilgub yang akan dilaksanalan pada tahun 2018 ini, agar semua berjalan aman dan lancar,” katanya.

“Untuk semua masyarakat saya sampaikan, kami tegaskan bahwa TNI – Polri dan Pemda itu berada pada jaminan netral dan jangan berusaha untuk mengajak menggiring mengarahkan atau memanfaatkan untuk kepentingan sepihak, dan undang-undangnya lebih jelas bahwa TNI tidak boleh memberikan dukungan dan TNI adalah Netral dan tidak bisa di ganggu gugat,” tutur Dandim 0716/Demak.

Red-HJ99/Ovan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here