Pelatihan Penanganan Demonstrasi Yang Melibatkan Kaum Wanita Oleh Polres Jepara

0

Jepara, Harianjateng.com – Sejumlah 70 personel Polwan Polres Jepara dilatih untuk meningkatkan kemampuan dalam menghadapi unjuk rasa, khususnya menangani massa yang melibatkan kaum wanita, Selasa(20/02/2018) bertempat di garasi mobil dinas Polres Jepara,

Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan tersebut, Polwan dibekali kemampuan untuk menjadi negosiator atau berkomunikasi dihadapan para demontran, serta diberikan pengetahuan tentang tindakan yang perlu diambil sesuai SOP atau Standart Operating Procedure apabila para demontrasi sebagian besar kaum wanita dan telah mengganggu kepentingan umum.

Sebagai contoh ilustrasi pada saat pemblokiran akses jalan oleh warga yang menolak dilewati kendaraan proyek, sebagian massa yang dikerahkan adalah kaum wanita hingga ada pendemo wanita yang tidur -tiduran di jalan.

Kaurbinops Sat Sabhara Iptu Agus Nurhadi, Kasipropam Iptu M. Syaifudin, A.Md., dan Senior Polwan Ipda Fiti Sulami ditunjuk langsung oleh Kapolres Jepara untuk menjadi instruktur latihan, beberapa tindakan yang dilatihkan oleh instruktur diantaranya cara memindahkan pendemo wanita posisi berdiri, memindahkan pendemo wanita posisi duduk dan memindahkan pendemo wanita posisi tidur.

“Seiring dengan banyaknya kegiatan demonstrasi yang melibatkan kaum wanita, maka Polwan harus dikedepankan agar dalam tugas (penanganan pendemo wanita) tidak terdapat pelanggaran HAM”, terang Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho, S.I.K.

Red-HJ99/TT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here