SAGUSABU Majukan Generasi Bangsa

0

Magelang, Harianjateng.com- PGRI Kota Magelang berkerja sama dengan Media Guru mengadakan pelatihan satu guru satu buku (SAGUSABU). Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari (7-8/04/2018) di Aula Cendekia Disdikbud Kota Magelang, Jawa Tengah.

Acara yang dibuka oleh Kadisdikbud Taufiq Nurbakhin itu dihadiri oleh 140 peserta. “Meningkatkan program Literasi Nasional maka PGRI kota Magelang bersinergi dengan media guru mengadakan pelatihan menulis SAGUSABU. Semua ajaran di dunia ini awalnya dengan menulis dan membaca seperti yang di ajarkan agama Samawi. Nabi akhir zaman tidak bisa menulis dan membaca, setelah ada perintah Iqro maka beliau bisa mendapatkan ilmu dan menyampaikan kepada orang lain,” tutur Taufiq ketika pembukaan.

ketua PGRI Kota Magelang, Sumartono menambahkan bahwa untuk meningkatkan kopentensi guru lakukan bersama menggiatkan menulis buku. “Buku adalah langkah strategi yang bagus untuk memajukan sebuah bangsa, karena kalo rakyatnya suka membaca buku, menulis dan berinovasi negaranya akan maju. Sebaliknya kalo mau mengharcurkan bangsa bisa memusnahkan buku-buku,” ucap ketua PGRI Kota Magelang.

Adapun narasumber dalam pelatihan yaitu penulis 66 judul buku, Eko Prasetyo dan Ary Mugiasih (editor Media Guru). Pada hari pertama Eko menyampaikan bahwa, profesionalisme dalam menulis, pengetahuan dasar dunia buku, cara menembus penerbit, metode menulis buku dan praktik menulis buku. Sedangkan pada hari kedua peserta akan disuguhkan materi publikasi buku, bedah naskah, bahasa penulisan buku dan strategi pemasaran buku. “Targetnya untuk peserta paling tidak, minimal menghasilkan satu buku dalam satu bulan,” ujar Pimred Media Guru.

Pada hari kedua, Ary menambahkan bahwa cara untuk bergabung menjadi anggota media guru bisa mendaftarkan ke website www.mediaguru.id dan facebook media guru Indonesia.”kalo mau jadi penulis dan menghasilkan buku mudah, mulailah menulis satu artikel dalam sehari. Nati kalo sudah dua bulan atau 50 artikel, dijadikan satu sudah menjadi buku,” tutur editor Media Guru. A. Rizal

Red-HJ99/Hi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here