Serentak Kita Bergerak Menjadi Gerakan Baru dan Positif Bagi Masyarakat Sidomulyo

1

Kendal, Harianjateng.com- Pemuda Sanggar Kejeling Bangun Budaya Sidomulyo Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menyelenggarakan kegiatan dengan tema “Serentak Kita Bergerak” sebagai upaya membangun budaya yang mengajak masyarakat lebih ramah terhadap lingkungan, juga untuk menumbuhkan inisiatif mencintai lingkungan, Minggu (06/05/2018).

Kegiatan yang mengusung tema Serentak Kita Bergerak (Kita Tidak Mau tenggelam dalam Lautan Sampah) tersebut diadakan dari tanggal 5 Mei 2018 sampai dengan 6 Mei 2018 bertempat di Sanggar Kejeling, Sepanjang aliran Sungai dan Pantai di Desa Sidomulyo Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan yaitu dengan memberikan kesempatan berpartisipasi aktif kepada seluruh masyarakat dan Anggota Sanggar Kejeling melalui kegiatan Pameran Karya, Pertunjukan Gerak Suara, naik sepeda onthel bareng, Talk Show Bersama Aktifis Pecinta Alam, Bersih-Bersih sungai dan Pantai, penanaman Pohon dan Selfie Contesst Instagram. Selain itu terdapat juga seminar bersama aktivitas pecinta lingkungan dengan memberikan pendidikan dan pengetahuan tentang kepedulian terhadap lingkungkungan yang sehat bagi masyarakat.

Sekitar 50 orang hadir dalam acara seminar bersama aktifis pecinta Lingkungan yang diselenggarakan pada tanggal 5 Mei 2018 Bertempat Di Bali Desa Des. Sidomulyo, yang terdiri dari Kelompok Tani, Kelompok Tambak, Organisasi Kepemudaan yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab sosial Anak Muda dengan lingkungan sekitar khususnya masyarakat desa dan juga sebagai bentuk praktek nyata dari teori yang telah didapatkan dalam rangkaian seminar.

Masyarakat dari beberapa Elemen di Kabupaten Kendal juga ikut ambil bagian dalam mengumpulkan Donasi Buku, Kegiatan aksi gerakan donasi buku untuk Sanggar Kejeling sebagai upaya membangun budaya melek baca. Juga ada pemuda dan masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam Kesepakatan Bersama Serentak Kita Bergerak dengan bertanda tangan di Potoboard dan Selfie Contesst Instagram, dimana tujuan di lakukan Selfie Contesst Instagram ini untuk membuktikan bahwa mereka telah bergerak bersama. Dan untuk lomba selfie para pemenang dari Contesst Instagram tersebut diumumkan di instagram sanggar kejeling dan akan mendapatkan hadiah berupa hadiah menarik yang telah di siapkan oleh panitia.

Pameran Karya Kreatifitas anggota sanggar kejeling diantaranya koleksi pusaka keris nusantara. Kemudian talk show bersama BNNK Kendal, Sapto Nugroho bersama aktifis lingkungan, Mas Demit. Kemudian di hibur dangan beragam kesenian berupa pertunjukan musikalisasi puisi, pertunjukan jaran kepang anak, kemudian berangkat bersepeda bersama ke pantai untuk bersih-bersih pantai dan penanaman pohon yang di buka oleh Camat Cepiring, Ibu Endah Ispriyandini bersama kepala Desa Bapak Sutrisno, sekaligus penyerahan Bibit pohon untuk masyarakat Desa Sidomulyo.

Puncak acara kegiatan Serentak Kita Bergerak yang diselenggarakan pada tanggal 6 Mei 2018. Acara ini dihadiri oleh sekitar 200 orang yang terdiri dari Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kemudaan, komunitas dan Pelajar yang ada di Desa Sidomulyo dan wilayah Kabupaten Kendal.

Ketua Panitia Dikki Aditia menyampaikan, “mengajak masyarakat untuk bersama-sama berjuang untuk membangun Budaya kesenian dan Literasi.
Selain itu, menurut saya, kegiatan yang dilakukan oleh Sanggar Kejeling sangat positif, apalagi kami semua terjun langsung menangani program ini mulai dari perencanaan, pengorganisasian, dan banyak lain-lain yang belum kita bayangkan sebelumnya, semua bisa terlaksana berkat anak muda Desa Sidomulyo tak kecuali penasehat kami Mas Ulin Nuha yang memberikan kami banyak hal untuk membuat kegiatan yang kreatif, dan juga Pembina kami Pak Agus Riyatno yang dengan sabar membina kami, dan harapan kami, melalui kegiatan ini image dan citra pemuda di mata warga masyarakat menjadi lebih baik dan positif. Serta melalui kegiatan ini juga image dan citra Sanggar Kejeling di mata khalayaknya terutama di mata para masyarakat luas menjadi lebih baik dan positif.”

“Saya menyambut baik dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Remaja Desa Sidomulyo. Kegiatan seperti ini mendorong masyarakat untuk mengimplementasikan pentingnya serentak kita bergerak secara real dan relevan di kehidupan nyata bermasyarakat, terlebih pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini menggunakan pendekatan kinerja nyata yang di lakukan oleh Remaja. Saya berharap kegiatan seperti ini dapat dijadikan contoh positif dan secara berkesinambungan terus ditingkatkan dimasa-masa yang akan datang,” ungkap Ulin Nuha selaku Penasehat dan Pengembangan SDM sanggar Kejeling.

Red-HJ99/Heri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here