Kreativitas Santri MTS Al-Mumin Muhammadiyah Tembarak, Membuat Bingkai dari Ranting Pohon

0
145

Temanggung, Harianjateng.com – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Mumin Muhammadiyah Tembarak mengadakan kegiatan pra-Penerimaan Santri Baru (PSB). Kegiatan tersebut dimulai pada tanggal 15 Maret 2018 tepatnya saat Ulangan Tengah Semester (UTS) berlangsung.

Dalam kegiatan PSB tersebut ada keterlibatan tiga organisasi Santri di MTs Al-Mumin, yaitu Ikatan Pelajara Muhammadiyah Ranting (IPM) MTS, Hizbul Wathan (HW) MTS, dan Tapak Suci (TS) MTS. Ketiga organisasi tersebut bekerja sama agar nantinya pada saat pelaksanaan tes PSB para calon santri baru akan kagum dengan MTs Al Mumin.

Nirina P salah satu dari organisasi tersebut menyampaikan, kegiatan itu meliputi membuat kerajinan bingkai foto dari ranting pohon dan kardus bekas. “Kegiatan itu dengan membuat bingkai dan ranting pohon serta kardus bekas,  dan cara membuatnya dengan cara menyiapkan alat yang digunakan serta bahan bahannya, diantaranya ada rangting kayu, lem tembak, kardus bekas, gunting, pita, plastik, tali raffia, gergaji dan kawat,” ungkapnya, Selasa (21/05/2018)

“Langkah-langkah membuat bingkai, pertama, potong ranting menggunakan gerjaji dengan ukuran yang sama dan ikatlah ranting yang telah dipotong dan disusun dengan kawat. Kedua potong kardus menggunakan gunting dengan ukuran menyesuaikan panjang dari bingkai. Ketiga tempelkan kardus yang telah di potong menggunakan lem tembak lalu hiasalah bingkai tersebut dengan tali pita. Keempat, tempelah foto di bingkai yang telah jadi
Kemudian bungkus dengan kemalan plastik,” jelas Nirina P

“Kegiatan yang sangat bagus, apalagi ini memanfatkan barang-barang bekas dan bahan-bahan yang ada disekeliling santri,” ungkap ustadzah Krisnawati yang merupakan salah satu pendidik di MTs Al-Mumin.

Krisnawati juga menambahkan, “Tujuan dibuatnya figura/bingkai tersebut adalah untuk menempelkan foto calon santri baru yang akan mengikuti tes seleksi masuk MTs Al-Mumin. bingkai tersebut sebagai souvenir/cindera mata, agar para calon santri baru mendapat kesan yang baik dari Al-Mumin. Selain itu tujuanya juga untuk mengembangkan kreatifitas santri dalam memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar agar menjadi barang yang bernilai.”

Red-HJ99/Hi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here