Tradisi Larung Sesaji Ramaikan Pesta Syukur Nelayan di Jepara

17

Jepara, Harianjateng.com – Upacara Pelarungan dan Pesta Lomban di Kabupaten Jepara telah berlangsung pagi ini di TPI Ujung Batu Kabupaten Jepara, Jawa Tengah Sabtu (23/06/2018).

Dalam acara tersebut dihadiri Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho, S.I.K., Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dan Forkopimda Kabupaten Jepara beserta warga masyarakat dan tokoh amasyarakat Jepara sekitar lebih dari 1500 orang.

Penyelenggaraan acara ini dimaksudkan sebagai pengungkapan dari perasa­an syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dilakukan secara berkelompok, khusus­nya bagi masyarakat nelayan di Kabupaten Jepara.

Ratusan Kapal pun ikut memeriahkan budaya tradisi yang sudah menjadi turun temurun ini. Dijelaskan oleh Bupati Jepara Ahmad Marzuqi bahwa setelah kegiatan pelarungan selesai dilanjutkan dengan parade kupat lepet dari dermaga Pantai Kartini ke lokasi festival kupat lepet. “Usai Pelarungan acara dilanjut dengan arak-arakan kupat lepet,” ujarnya

“Kegiatan ini tidak hanya pesta lomban tahunan namun diharapkan dapat meningkatkan wisatawan dari luar daerah dengan wisata pesta lomban tersebut,” tambah bupati Jepara.

Red-HJ99/TT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here