Pembina PKK Kabupaten Klaten Kunjungi Desa Krajan

1

Klaten, Harianjateng.com- Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Krajan bersama dengan Muspika Kecamatan Kalikotes menerima kunjungan kerja dari Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Klaten, Kamis pagi (26/07/2018).

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka Mendukung Gerakan Desa Sehat dan Cerdas (GDSC) melalui kegiatan buku Dawis, KPS – KSBP, Kelas Ibu Hamil dan BKB .
Hadir dalam kegiatan tersebut Ibu Ketua TP-PKK Kabupaten Klaten yaitu Ny. Atik Jaka Sawaldi, Ketua TP PKK Desa Krajan Bersama Masyarakat. Dan turut hadir dalam acara tersebut Babinsa Koramil 01/Kota Desa Krajan, Serda Suwarno.

Kedatangan Ketua TP-PKK Kabupaten berserta rombongan disambut baik oleh Ketua TP-PKK Desa Krajan. Setelah sampai di Dukuh Krajan langsung dilakukan pemotongan pita oleh Ny. Atik, serta diramaikan dengan tarian tarian tradisional dari anak-anak warga RW 06 binaan Ibu Supriyanti dan diiringi alunan musik dari pemuda pemudi karang taruna.

Kemudian acara dilanjut dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan “Mars PKK” secara bersama-sama, sambutan dari Ibu Ketua TP-PKK Desa Krajan Ny Normasari Ayu Retnanintyas.

Dalam sambutannya, Ketua PKK Desa Krajan
menyampaikan tentang laporan kegiatan 10 Program Pokok PKK yang telah dilaksanakan di Desa Krajan, diantaranya yaitu melaksanakan tertib administrasi mulai dari pencatatan hingga pelaporan, melakukan pertemuan satu bulan sekali melalui pertemuan rutin di balai Desa, kegiatan posyandu, Selain itu, juga melaksanakan lomba penyuluhan oleh kader.

“Semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik. Tapi masih perlu adanya pembinaan agar kegiatan 10 program pokok PKK dapat berjalan maksimal,” kata Ny Normasari Ayu Retnanintyas saat menyampaikan laporan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten.

Dia mengungkapkan, ada sejumlah kendala yang dihadapi dalam melaksanakan 10 pokok program PKK di wilayah, di antaranya kesadaran masyarakat untuk berorientasi, masih banyak kader-kader yang masih pasif dalam kegiatan PKK, belum terpadunya manajemen waktu para kader PKK. “Kami harapkan dengan pembinaan ini akan meningkatkan kinerja dalam memaksimakan 10 program PKK di sini,” pungkas ketua PPK Desa Krajan tersebut.

Tim PKK Kabupaten, Ny. Atik Jaka Sawaldi dalam kesempatan itu menyampaikan, PKK memiliki peran penting dalam memberdayakan masyarakat. “Sekarang ini masih banyak ditemui masalah di tengah-tengah masyarakat Klaten. Ada lima masalah yang banyak di hadapi masyarakat yakni masalah ekonomi yang ditandai dengan masih adanya masyarakat yang miskin. Kedua, pendidikan yang ditandai masih anak-anak yang drop out dan anak-anak yang belum tertampung di Pendidikan Anak Usi Dini (PAUD). Kemudian masalah kesehatan, keharmonisan rumah tangga, dan terakhir keagamaan. Karena itulah lima masalah ini menjadi lima pilar PKK,” katanya.

Lanjut Ny. Atik, “ada lima pilar atau kunci pokok menjadi keluarga sejahtera, yaitu keluarga harus mapan dalam ekonomi, sehat, memperhatikan pendidikan, hidup harmonis harus meningkatkan agamanya. Lima masalah di masyarakat ini harus kita selesaikan. Caranya adalah dengan memberdayakan masyarakat. Dengan begitu masyarakat bisa berdaya, sejahtera dan produktif dan bahagia.”

“Semoga dengan adanya kunjungan kerja ini, anggota PKK desa bisa lebih aktif dalam administrasi, sering mengadakan kelompok kegiatan dan dapat meningkatkan silaturahmi yang lebih baik, baik tingkat RT, Dasa Wisma maupun keseluruhannya,” harap Ny. Atik Jaka.

Red-HJ99/Aris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here