Tim II KKN Undip Beri Sosialisasi Masyarakat Desa Puguh Tentang Pentingnya Akta Kelahiran

0

Kendal, Harianjateng.com – Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Jawa Tengah, menggelar acara sosialisasi tentang dana desa, senyum sapa dan akta kelahiran, dan Akta Kelahiran, Minggu (05/07/2018) bertempat di Balai Desa Puguh Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

 

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa Puguh, Bapak Ngamidjo beserta perangkat desa, Ketua RT, Ketua RW, Ibu-ibu PKK, Pemuda Karang Taruna dan masyarakat di lingkungan sekitar.y

Hadir sebagai pemateri yaitu dari tim KKN Undip, diantaranya disampaikan oleh Dessy Widyawati dan Yismaya Sabuna, M. Raka serta Maulida Purnamasari dan Fathur Reynaldi.

Disampaikan oleh Ketua panitia kegitan, Rohmanudin bahwa acara itu bertujuan agar masyarakat mengetahui pendistribusian dana desa. “Sosialisasi ini kami lakukan supaya masyarakat paham tentang pendistribusian dana desa dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan dana desa. Dan Tujuan sosialisasi akta kelahiran agar masyarakat mengetahui pentingnya akta kelahiran bagi masa depan anak-anak mereka sebagai salah satu lembaran negara yang sangat penting dan sewaktu-waktu selalu dibutuhkan, misalnya digunakan untuk mendaftar sekolah, urusan perbankan, melamar kerja dan urusan penting lainnya.

Sedangkan tujuan dari materi senyum salam sapa (3S), lanjut Rohmanudin, agar terjadi perbaikan birokrasi pelayanan perangkat desa kepada masyarakat. Dikatakan, masyarakat sejatinya yang memberi amanah perangkat desa dan aparat desa lainya dalam menjalankan tugas. Untuk perangkat harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat karena ini menjadi sangat penting untuk mewujudkan pemerintah desa yang humanis, harmonis dan berkemajuan.

Ia juga berhap tim KKN Undip ini bisa menumbuhkan revolusi mental bagi aparat birokrasi desa, sehingga selalu melayani masyarakat khususnya masyarakat desa dengan prinsip-prinsip pelayanan yang baik. Sealain itu juga ingin menyadarkan masyarakat akan pentingnya akta kelahiran serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendampingan dana desa.

Sementara itu, Kades Puguh Ngamidjo menyampaikan bahwa program revolusi mental adalah bagian dari nawacita Presiden Jokowi sebagai wujud dari reformasi birokrasi. Menurutnya, program tersebut telah ada pada masa Presiden Soekarno sekitar tahun 1957. ”Kegiatan Tim KKN Undip ini sangat bagus dan harus didukung dan disukseskan bersama,” tuturnya.

Red-HJ99/Heri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here