Bawaslu Kendal Melakukan Pembinaan Kepada 33 Organisasi Wanita

1

Kendal, Harianjateng.com– Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal melakukan pembinaan kepada Gabungan Oranisasi Wanita (GOW), terdiri dari 33 Organisi yang ada di Kabupaten Kendal, Selasa (18/09/208) bertempat di Gedung Sekretariat Daerah Kendal, Jawa Tengah.

Hadi dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kendal, Moh Toha, Kordiv Hukum Bawaslu Kendal Arief Musthofifin dan Ketua GOW Kendal Sri Purnama Rayahu beserta anggotanya.

Dalam kegitan itu, Kordiv Hukum Bawaslu Kendal, Arief Musthofifin menyampaikan bahwa kaum perempuan atau ibu-ibu bisa menjadi kunci Pemilu bersih berintegritas. “Mengapa perempuan perlu terlibat partisipatif awasi Pemilu? Karena bagi masyarakat Timur, ibu itu keramat. Berani melawan, bisa kuwalat,” katanya.

Arief menjelaskan bahwa jika sabda atau lisan ibu-ibu diarahkan untuk menasehati peserta dan semua warga, khususnya keluarga, agar mematuhi aturan Pemilu mungkin lebih dipatuhi. Karena jika tidak dipatuhi bisa mendatangkan musibah atau kuwalat. “Sangat banyak ketentuan Pidana Pemilu. Tidak hanya diperuntukkan peserta, juga warga pada umumnya. Tolong ibu-ibu bisa sosialisasikan ini,” harapnya.

Ia juga mencontohkan, bila membantu seseorang mencobloskan, lalu membocorkan pada orang lain apa yang dicoblos, maka diancam Pidana. Yaitu, kurungan satu tahun dan denda Rp 12 juta. Praktik tersebut sangat rentan.

Sementara itu, Moh Toha dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa Pemda senantiasa melaksanakan pendidikan politik. “Kami ingin warga Kendal sadar politik. Memilih pemimpin yang jujur dan sopan. Pemimpin yang peduli lingkungannya. Memikirkan aspirasi warga. Jangan sampai kita dipimpin orang yang tidak ‘nggenah’,” terangnya.

Sedangkan, Ketua GOW Kendal Sri Purnama Rayahu mengingatkan pada peserta yang semua ibu-ibu ini agar menjadi pemilih cerdas. “Saya mengajak kaum perempuan berpartisipasi dalam Pemilu 2019. Jangan menjadi pemilih amplop,” himbaunya.

Red-HJ99/Heri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here