Kunjungan Silaturahim Diskominfo Kendal ke Diskominfo Boyolali

0

Boyolali, Harianjateng.com- Kunjungan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Kendal ke Diskominfo Kabupaten Boyolali, Kamis (25/10/2018) bertempat di Gedung Lembu Soro, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kunjungan tersebut disambut baik oleh Ibu Rita selaku Sekretaris Diskominfo Kabupaten Boyolali dan Kepala Bidang Bapak Sarwanto berserta dengan jajarannya. Dan Hadir juga dalam acara itu Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kendal, Umar beserta jajaran dan Ketua Forum Komunikasi Wartawan Boyolali (FKWB), Kesno beserta jajaran.

Dalam sambutannya Sekretaris Diskominfo Kabupaten Kendal, Arif menyampaikan bahwa kunjungan tersebut tujuannya untuk bersilaturahim. “Kunjungan ini tujuannya untuk bersilaturahim dengan Diskominfo Kabupaten Boyolali, karena kami melihat Boyolali adalah sama – sama kabupaten yang diamanahi untuk perkembangan Smart City, dan perkembangannya lebih maju karena satu-satunya di Jawa Tengah yang sudah mempunyai gedung sendiri,” ujarnya.

Arif menambahkan, “selain itu kami juga ingin mengetahui langkah langkah yang sudah dilakukan oleh pemerintah Boyolali dalam menyikapi perkembangan informasi yang begitu cepat, sehingga terkadang informasi yang didapat oleh masyarakat tidak akurat atau sesuai dengan kenyataan bisa disebut juga dengan Hoax.”

Dalam sambutannya Ibu Rita menyampaikan, memang benar bahwa Kabupaten Boyolali sudah mempunyai gedung Smart City, namun untuk informasi terkait pelayanan melalui internet sosial media belum semua bisa diakomodir.

Terkait langkah-langkah apa saja yang sudah dilakukan oleh Kabupaten Boyolali untuk mengatasi Berita Hoax dijawab oleh Kabid Diskominfo Boyolali, Bapak Sarwanto. Ia menyampaikan bahwa ada 3 langkah untuk mengantisi berita Hoax. “Adapun upaya – upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Boyolali dalam mengantisipasi penyebaran berita Hoax, pertama adalah membantu pemerintah pusat melalui pengelolaan informasi untuk mendukung kebijakan nasional dan Pemerintah Daerah (Pemda). Kedua, menyediakan konten lintas sektoral dan pengelolaan media komunikasi publik, dan ketiga, yaitu pelayanan informasi publik, layanan hubungan media dan penguatan kapasitas sumber daya serta penyediaan akses Informasi publik,” jelasnya.

Sementara untuk layanan hubungan media, lanjut Kabid Diskominfo Boyolali bahwa telah bekerja sama dengan para awak media yang tergabung dalam Forum Komunikasi Warta Boyolali (FKWB) yang dikomandani oleh Bapak Kisno dari RRI Surakarta. Selain itu juga menyediakan kantor atau ruangan beserta perlengkapannya yang berlokasi di Gedung DPRD Boyolali.

Red-HJ99/Heri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here