DPD KNPI Kendal Akan Menggelar Sekolah Politik

19

Kendal, Harianjateng.com – DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kendal akan gelar Sekolah Politik guna meningkatkan kualitas pemuda yang tergabung dalam Organisasi Kepemudaan (OK) yang maju menjadi Calon Legislatif (Caleg) serta bagi kelompok organisasi umum lainnya.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua KNPI Kendal Nanang Husni Faruk saat memberikan sambutan dalam acara Pemantapan Ideologi dan Wawasan Kebangsaan Pemuda Tahun 2018 yang digelar di ruang Merak Hotel Tirtoarum Kendal, Jawa Tengah Senin pagi (29/10/2018).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si., Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kendal, Tavip Poernomo dan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Ferynando Bonay, Kepala BNNK Kendal, AKBP. Sharlin Tjahaya Frimer, Sat Intelkam Polres Kendal, Suwarno dan Danramil 02/Patebon, Kapten Inf. Sudyatmoko.

Dalam sambutannya Nanang juga menyampaikan beberapa kegiatan yang sudah dilakukan oleh KNPI Kendal, seperti diklat kepemimpinan, dan saat ini acara pemantapan ideologi dan wawasan kebangsaan pemuda dan sore harinya acara sekolah politik.

Ia menambahkan, “nantinya ada beberapa kegiatan lain, seperti pelatihan ketrampilan kewirausahaan dan festival musik akan segera digelar. Semua kegiatan dimaksudkan agar pemuda di Kendal lebih maju dan mampu bersaing dengan pemuda dari daerah lain.”

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara tersebut, Bupati Kendal Mirna Annisa merasa sangat bangga atas segala kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan KNPI Kendal. “Saya itu sangat bangga karena di Kendal ada 47 Organisasi Kepemudaan. Ini menandakan sangat luar biasanya semangat pemuda untuk membangun Kendal kedepan lebih baik,” tuturnya.

Bupati Mirna juga mengatakan, para pemuda yang ada di Kendal harus lebih bersyukur dengan dibukanya sekolah politik tersebut, karena akan menambah wawasan dan ilmu tentang politik. “Semoga dengan adanya sekolah politik yang akan digelar para pemuda kendal menjadi lebih mengerti tentang politik,” harapannya.

Sementara itu Khasan Almuza, Direktur Eksekutif Sekolah Politik Kendal mengungkapkan bahwa adanya Sekolah Politik Kendal didasarkan atas pemikiran dan pandangan bahwa politisi memiliki posisi strategis dan peran signifikan dalam mengembangkan budaya politik demokratis. Sejalan dengan pikiran itu, maka Sekolah Politik Kendal dirancang untuk berkontribusi pada upaya mencetak politisi muda yang memiliki Integritas, Kapasitas dan Kompetensi dalam mengartikulasi dan mengagregasi kepentingan-kepentingan rakyat melalui proses-proses dan kelembagaan politik yang demokratis.

Pendaftaran Sekolah Politik Kendal dibuka mulai 29 Oktober 2018 sampai dengan 05 November 2018. Dengan persyaratan sebagai berikut:
-Calon legislatif muda berusia dibawah 40 tahun.
-Mempunyai komitmen tinggi mengikuti kegiatan sekolah politik Kendal sampai selesai.
-Berdomisili di Kendal.
-Aktif di organisasi kepemudaan.

“Untuk tahun ini kami prioritaskan bagi para Caleg muda di kabupaten Kendal, karena memang melihat potensi Caleg muda dan momentum pemilihan legislatif. Tapi tidak menutup kemungkinan jika memang tidak memenuhi kuota, peserta bisa dari aktivis organisasi kepemudaan di Kabupaten Kendal yang punya komitmen mengikuti sekolah politik Kendal. Untuk info dan pendaftaran kontak WA 085712075978,” terang Khasan Almuza.

Red-HJ99/Heri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here