DPD Pekat Indonesia Bersatu Kabupaten Kendal Beri Seminar Kebangsaan di Desa Karangsari

1

Kendal, Harianjateng.com- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pekat Indonesia Bersatu Kabupaten Kendal menggelar acara seminar kebangsaan untuk penguatan persatuan dan kesatuan para generasi muda dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tahun 2018, Rabu (31/10/2018) bertempat di kediaman saudara Rofiq selaku bidang perikanan DPD Pekat IB Kendal, yang beralamat di Rt.02 / Rw. 05 Desa Karangsari, Kecamatan Kendal Kota, Jawa Tengah.

Kegiatan itu dihadiri oleh Ketua DPD Pekat IB Kendal, Gus Muhammad Ilyas, S.H., beserta dengan jajaran, Ibu Sri Nuryanti dari BNNK Kendal, Mahasiswa dari Uniska Kendal, Pemuda Karang Taruna Desa Karangsari, serta dihadiri juga oleh Ibu-Ibu PKK Desa Karangsari.

Acara diawali dengan pembacaan doa pembuka, lagu kebangsaan Indonesia raya dilanjutkan dengan pembacaan teks sumpah pemuda yang diikuti seluruh anggota pengurus DPD maupun pengurus Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK) serta para hadirin yang mengikuti acara tersebut.

Dalam sambutannya, Muhammad Rofiq selaku ketua panitia dan juga sebagai wakil bidang perikanan mengucapkan selamat datang kepada seluruh yang hadir dalam kegiatan tersebut. “Saya ucapkan selamat datang dan ucapan permohonan maaf jika menyediakan tempat atau segala sesuatunya kurang berkenan, namun beginilah DPD Pekat IB memang apa adanya, kalau masalah tempat memang sengaja saya taruh di lokasi tambak di samping rumah, agar kegiatan bisa lebih fresh karena langsung menyatu dengan alam,” ujarnya.

“Semoga kegiatan ini nantinya dapat bermanfaat dan bisa menambah semangat para generasi muda khususnya untuk lebih cinta terhadap negara, selain itu juga untuk memperkuat persatuan dan kesatuan persaudaraan antar generasi muda, sehingga generasi muda akan terus menjadi pemersatu keutuhan NKRI,” tambah Rofiq.

Ketua DPD Pekat IB Kendal, Muhammad Ilyas sebelum menyampaikan sambutan mengajak seluruh yang hadir untuk menyanyikan lagu Bagimu Negeri. Dalam sambutannya ia menerangkan bahwa lagu tersebut bermakna sangat dalam tentang arti kemerdekaan negera. “Dalam mencapai kemerdekaan itu sangat sulit, butuh proses dan tahapan, bahkan harus siap mengorbankan nyawa demi kemerdekaan. Di hari sumpah pemuda ini, kita mengenang tekat bulat para pemuda jaman dulu yang telah sepakat mendeklarasikan sumpah untuk bersatu dan menginginkan kemerdekaan. Sehingga dari seluruh elemen masyarakat Indonesia ikut bersemangat dalam meraih kemenangan melawan para penjajah yang pada akhirnya Indonesia bisa merdeka,” terangnya.

“Kita harus ingat perjuangan para pemuda Indonesia terdahulu, jangan sampai kita sebagai pemuda saat ini mengecewakannya dengan melakukan hal-hal yang tidak baik, misalnya mabuk, menggunakan obat-obatan terlarang seperti pil koplo ataupun sejenisnya. Semoga para generasi muda khususnya pemuda Desa Karangsari ini tidak terpengaruh dengan hal-hal yang bisa merusak dan menghancurkan masa depan, atau terjerumus dalam lubang kehancuran dengan menggunakan Narkoba ataupun perbuatan yang melawan hukum lainya. Namun harus bisa menjadi bagian dari pemersatu keutuhan NKRI,” pesan Ketua DPD Pekat Indonesia Bersatu Kabupaten Kendal kepada Pemuda Karang Taruna.

Sri Nurhayati perwakilan dari BNNK Kendal yang hadir dalam kesempatan itu juga menitip pesan kepada Ibu – Ibu PKK yang hadir dalam acara tersebut. “Peran keluarga khususnya Ibu kandung dalam mendidik anak sangatlah penting, perhatikanlah anak-anak kita, selalu awasi dengan siapa ia bergaul dan kita harus selalu mengontrol apa yang ia punya, baik hanpone, isi dalam tas ataupun almari mereka, karena pemuda jaman sekarang pergaulannya lebih luas. Jangan sampai anak-anak kita menjadi korban penyalahgunaan narkoba yang marak di kalangan generasi muda saat ini,” tuturnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan semacam ini bisa menambah wawasan dan pemahaman para generasi muda kita agar mengetahui mana hal-hal yang buruk dan mana hal-hal yang baik. Sehingga para generasi muda bisa menyongsong masa depan yang lebih hebat dan bermanfaat,” harap Sri Nuryanti.

Red-HJ99/Heri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here