Sosialisasi Pembibitan Sapi Potong di Gapoktan Mranggen

0

Demak, Harianjateng.com– Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kecamatan Mranggen bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak menyelenggarakan sosialisasi kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui budi daya sapi potong, Rabu (28/11/2018) bertempat di halaman rumah Bapak Mukli Khakim, Ketua Rt 10 Rw 06 Dukuh Prigi Desa Mranggen Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Gapoktan yang hadir dalam kegiatan itu diantaranya, Kelompok Tani santoso dari Desa Mranggen, Kelompok Tani Sido Raharjo Desa Sidorejo, dan kelompok Tani Desa Wangun sari Desa dari Rejosari.

Sementara dari pihak pemerintahan yang hadir yaitu Kepala Desa Mranggen Bapak Kemad Arifin S, S.Pd., Asisten 3, bidang pertanian dan pangan, Bapak Agus Supriyanto S.H., M.M., Staf ahli bidang pertanian dan peternakan Kabupaten Demak, Bapak Heru Asyanto, S.H., M.M., Kepala Dinas pertanian dan pangan Kabupaten Demak Bapak Ir. Wibowo, M.M., Danramil 12/Mranggen Kodim 0716/Mranggen yang diwakili Sertu Junaedi, Forkopincam Kecamatan Mranggen dan para tamu undangan lainnya.

Kepala Desa Mranggen Bapak Kemad Arifin S, S.Pd merespon positif kegiatan sosialisasi ini, mengingat masyarakat kelurahan Mranggen yang dominan adalah petani dan peternak, karena mereka masih butuh bimbingan dan pembinaan. “Kegiatan ini sangat bagus, kami berharap agar Kelurahan Mranggen bisa menjadi salah satu kawasan pembibitan sapi potong di kabupaten Demak, dan melalui kegiatan ini petani ternak di Mranggen dapat mengakses program terkait bantuan ternak, baik melalui provinsi maupun Kabupaten,” ujarnya.

Kemad Arifin juga mengatakan, menurutnya Desa Mranggen yang di kenal sangat merakyat dan peternak di Desa Mranggen dapat di andalkan. “Kami pihak kelurahan akan selalu siap bekerja sama dengan pihak manapun, kami siap memfasilitasi dan memediasi para petani ternak untuk mensukseskan program dari pemerintah tentang budidaya sapi potong, karena Mranggen sangat potensial dan berintegritas,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Bapak Ir. Wibowo berpesan kepada segenap petani ternak sapi untuk pro aktif membantu pemerintah mewujudkan program pembibitan sapi potong. “Masyarakat harus aktif dalam membantu program pemerintah dalam pembibitan sapi potong. Hal ini bertujuan untuk mengantarkan Kabupaten Demak sebagai penyuplai sapi di Jawa Tengah,” katanya.

Ia juga meminta pemerintah kelurahan untuk mendampingi para petani, guna menunjang produktifitas dan membantu mereka bersosialisasi. “Dengan adanya pendampingan dari pemerintahan desa, akan terbentuk petani tangguh, unggul dan mandiri, serta dapat mengantarkan Kelurahan Mranggen sebagai sentra kawasan pembibitan sapi potong di Kabupaten Demak,” harapnya.

Red-HJ99/Ovan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here