Asah Kepimpinan Pengurus OSIS, SMK NU 1 Kendal Gelar LDK

1

Kendal, Harianjateng.com–SMK NU 1 Kendal menggelar Latihan Dasar Kepimimpinan (LDK) bagi para pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) pada 6-8 Desember 2018 di lapangan Desa Krompakan, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Kegiatan itu diikuti sebanyak 47 siswa yang berasal dari tingkat X dan XI dari berbagai jurusan dengan arahan siswa senior dan instruktur di bawah arahan bagian kesiswaan. Selama tiga hari para peserta mendapatkan pelatihan kepemimpinan baik teori maupun praktek. Selama itu pula mereka tinggal di tenda-tenda dengan fasilitas terbatas.

Disampaikan oleh Kepala Sekolah SMK NU 1 Kendal Mokh Izudin, MPd, melalui Wakil Ketua Kesiswaan Rohmiyati, S.Pd., bahwa tujuan kegiatan tersebut untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan bagi para pengurus OSIS. Semangat kepemimpinan itu dibangkitkan dan dilatih melalui kegiatan yang dirancang untuk mendorong partisipasi setiap siswa baik secara individu maupun tim.

“Beroganisasi adalah praktik yang baik bagi setiap siswa untuk belajar tentang arti tanggungjawab. Sebagai pengurus OSIS, para siswa mendapatkan amanah untuk melaksanakan program kerja, dan untuk mencapainya perlu kekompakan tim. LDK menjadi media untuk melatih tanggung jawab, baik itu individu maupun organisasi,” terang Rohmiyati.

Wakil Ketua Kesiswaan tersebut juga menekankan, bahwa kesibukan siswa dalam organisasi tidak lantas membuat siswa melalaikan tugas utamanya untuk belajar. Justru kesempatan berorganisasi ini akan menjadikan nilai tambah bagi para siswa saat terjun di masyarakat maupun di dunia kerja.

“Belajar tetap menjadi prioritas utama. Berorganisasi ini juga bagian dari belajar, terutama mengasah keterampilan dan bersosialisasi. Para siswa nanti akan merasakannya setelah lulus, apakah akan langsung bekerja atau melanjutkan ke Pendidikan yang lebih tinggi,” tambah Rohmiyati.

“Kami juga membekali siswa tentang ahlussunah wal jamaah sebagai wawasan keislaman dan kebangsaan bagi generasi muda NU. Materi ini sebenarnya sudah ada di kurikulum, namun melalui LDK ini kami ajak para siswa dapat lebih menginternalisasi nilai Aswaja ke dalam dunia mereka. Karenanya, kami juga sampaikan tentang sosial media sosial,” terang Rohmiyati.

Perlu diketahui SMK NU 1 Kendal memiliki hampir seribu siswa yang terkonsentrasi dalam tujuh bidang keahlian meliputi akuntansi, administrasi perkantoran, pemasaran, busana butik, jasa boga, teknik kendaraan ringan dan rekayasa perangkat lunak.

OSIS dan kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan pendukung untuk membekali para siswa di luar kompetensi bidang studinya agar lebih siap pakai dan memiliki daya saing setelah lulus sekolah.

Red-HJ99

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here