Bawaslu Kendal Sosialisasikan Pengawasan Serentak di Alun-Alun Kendal

2

Kendal, Harianjateng.com –┬áBadan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kendal distribusikan bahan sosialisasi pengawasan sebanyak 2.668 buah yang akan dilakukan secara serentak pada Minggu (6/01/2018).

Disampaikan oleh Koordinator Divisi Pengawasan, Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kendal, Wahidin Said, bahwa kegiatan ini untuk mensosialisasikan perlunya peran aktif masyarakat dalam pengawasan Pemilu.

Wahidin juga menjelaskan, bahan sosialisasi pengawasan terdiri dari dari spanduk, poster, leaflet dan sticker. Isinya beragam, dari ajakan agar masyarakat melapor ketika menemukan pelanggaran hingga himbauan untuk menolak politik uang.

Kegiatan akan di meriahkan dengan pagelaran kesenian barongan yang akan digelar di alun-alun Kendal mulai pukul 06.00 Wib.

Menurut Firman T Sudibyo, anggota Bawaslu Kendal yang menggagas sosialisasi pengawasan melalui gelar kesenian ini, pertunjukan barongan sebagai simbol kesenian asli Kendal menandakan bahwa Bawaslu bersama masyarakat bersinergi dalam melakukan pengawasan.

“Jajaran kami di tingkat kecamatan secara serentak juga menyampaikan bahan sosialisasi di wilayahnya masing-masing. Pendekatan melalui medium kesenian dan kebudayaan ini untuk menggerakkan kesadaran masyarakat terhadap misi Bawaslu mewujudkan Pemilu yang bersih dan berintegritas,” terang Firman.

Selain itu, Odilia Amy Wardayani, Ketua Bawaslu Kendal menegaskan bahwa peran masyarakat dalam proses pengawasan sangat penting. Hal ini, katanya, sesuai dengan motto Bawaslu “Bersama rakyat awasi Pemilu, Bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu”.

“Kami sudah mensosialisasikan pengawasan partisipatif ke beragam stakeholder. Giat yang kami lakukan secara serentak ini untuk menjangkau khalayak yang lebih luas,” pungkas Ketua Bawaslu Kendal tersebut.

Red-HJ99

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here