Gotong Royong Koramil Dono dan Warga Bersikan Irigasi yang Tersumbat

9

Pekalongan, Harianjateng.com – Anggota Koramil 15/Doro bersama masyarakat Desa Sawangan, Kecamatan Doro melaksanakan gotong-royong membersihkan saluran air yang tersumbat, Jum’at (25/01/19).

Tersumbatnya saluran air sepanjang 700 meter dengan lebar 1 meter di Desa Sawangan Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan tersebut dikarenakan banyaknya tanaman yang berada di kanan kiri saluran, sehingga mengakibatkan air tidak bisa berjalan normal.

Danramil 15/Doro Kapten Cpm Abdul Khamim dalam kesempatan itu menyampaikan, kegiatan gotong-royong ini merupakan salah satu upaya untuk mensukseskan pertanian dan mengoptimalkan sistem irigasi yang ada dengan baik, untuk itu perlu dilakukan pembersihan saluran irigasi yang tersumbat, agar pengairan di sawah dapat berjalan dengan lancar.

“Saluran irigasi sangat penting bagi kesuksesan pertanian, sehingga ketersedian air pertanian harus terus dijaga kelancarannya, agar mampu menghasilkan hasil panen yang baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani,” ujarnya.

Danramil Khamim juga mengatakan, kerja bakti seperti ini akan mempererat jalinan silaturahmi antara warga dengan TNI, dan hal seperti ini akan terus dilakukan. “Dengan kerja bakti, kita akan saling mengenal dan dapat saling bertukar pikiran,” tuturnya.

Ia pun berharap dengan pengairan sawah warga lancar, maka hasil panen petani juga akan maksimal. Dengan demikian ketahanan pangan khususnya wilayah Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan dapat terwujud dengan sukses.

Red-HJ99/Joko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here