Championship 1 Piala Gus Tommy, Lestarikan Budaya Bangsa

12
Suasana pertandingan pencak silat Harimau Putih kejuaraan Championship I Piala Gus Tommy yang dilaksanakan di SMK NU 01 Kendal, Minggu (17/3/2019)

Kendal, Harianjateng.com- Padepokan Pencak Silat Harimau Putih menggelar kejuaraan Championship I Piala Gus Tommy Guru Besar 2019 yang dilaksanakan di SMK NU 01 Kendal, Jawa Tengah.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua Pimpinan Cabang Pagar Nusa Kendal, Masrur dan Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kendal, Muhammad Arfani yang diwakili Ketua 2 Bidang Tehnik IPSI, Masbachun.

Dijelaskan oleh Ketua Panitia Kegiatan, Iskharim Rahmad bahwa kegiatan itu digelar selama dua hari, mulai tanggal 16-17 Maret 2019. “Laga ini berlangsung mulai hari Sabtu kemarin hingga hari ini, dan diikuti oleh 186 peserta yang terdiri dari 20 SD/MI, 18 SMP/MTs dan 16 SMA/SMK/MA di Kabupaten Kendal,” terangnya, Minggu (17/3/2019).

Iskharim mengungkapkan, kegiatan ini akan menjadi agen tahunan. “Kedepannya kegiatan Championship Silat Harimau Putih akan rutin dilaksanakan pada setiap tahunnya,” ungkapnya.

Dalam sambutannya, Guru Besar Padepokan Harimau Putih, Gus Tommy yang diwakili oleh Ketua Umum Padepokan Harimau Putih, H. Nur Khafidin menyampaikan bahwa Piala Gus Tommy 2019 adalah salah satu bentuk komitmen Harimau Putih untuk terus melestarikan budaya pencak silat yang asli lahir dari Kaliwungu, Kabupaten Kendal.

“Ini sebagai bentuk komitmen kami melestarikan budaya pencak silat, yang mana Pencak Silat Harimau Putih ini berdiri sejak tahun 1987 yang didirikan oleh KH. Istihar asli putra daerah Kaliwungu Kendal,” ujar peraih Bupati Award Bidang Olahraga tahun 2017 tersebut, melalui H. Nur Khafidin.

Ia menerangkan bahwa Harimau Putih adalah perguruan pencak silat satu-satunya yang lahir asli dari Kendal yang telah melahirkan ribuan pesilat-pesilat berprestasi dari tingkat daerah sampai nasional. Maka dari itu, kegiatan ini juga untuk mencari bibit-bibit atlet pencak silat dan mengembangkan kemampuan para pesilat ditingkat pelajar.

“Saya berharap pencak silat Harimau Putih yang asli dari Kabupaten Kendal ini bisa semakin besar dan menyebar ke seluruh Nusantara, serta mendapat perhatian dan dukungan dari Pemerintah Daerah Kendal, khususnya Bupati kendal untuk lebih meningkatkan prestasi,” harap H. Nur Khafidin.

Selain itu, pihaknya juga akan membuat program beasiswa untuk para murid berprestasi untuk sekolahan di seluruh Kabupaten Kendal. Jika ada sekolahan di Kabupaten Kendal yang ingin sekolahannya ada pencak silat bisa menghubungi padepokan Harimau Putih di Pondok Pesantren Hidayatul Quran Kaliwungu.

Sementara, Ketua PC Pagar Nusa Kendal, Masrur mengapresiasi atas dilaksanakannya kejuaraan tersebut. ”Kegiatan ini sangat baik sekali, selain untuk mencari bibit-bibit pesilat terbaik juga menjaga untuk melestarikan budaya, karena pencak silat merupakan budaya asli Indonesia yang sekarang sudah mendunia,” tuturnya.

Ketua 2 Bidang Teknik IPSI, Masbachun mengaku senang dengan adanya event kejuaraan silat tersebut. “Kami dari IPSI merasa senang dengan adanya kegiatan ini, karena sangat membantu bagi adek-adek yang berlatih silat, sehingga bisa memberi motivasi yang lebih baik dalam mencintai pencak silat,” katanya.

Perlu diketahui dikejuaraan Championship I Piala Gus Tommy Guru Besar ini yang mendapat piala terbanyak diantaranya, yaitu ditingkat SD/MI diraih oleh MI NU 56 Krajankulon, ditinggkat SMP/MTs diraih oleh SMP NU 07 Brangsong dan ditingkat SMA/SMK diarih oleh MA NU 03 Sunan Katong dan SMK NU 01 Kendal.

Red-HJ99/Heri Susanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here