Polres Pemalang Amankan Situasi Lapangan Jelang Pemilu Tahun 2019

0

Pemalang, Harianjateng.com – Aparat gabungan dari Polres Pemalang, Kodim 0771/Pemalang, Satpol PP Pemalang berhasil menghalau para demontran yang mengepung kantor Bupati Pemalang.

Awalnya para demontran merasa tidak puas terhadap hasil pemilu 19 April 2019 dan mereka melakukan demo, di depan kantor Bupati Pemalang mereka dihadang Pasukan Dalmas Polres Pemalang dan melakukan negosiasi dengan anggota DPRD Pemalang, negosiasi gagal, akhirnya anggota dewanpun diajak aksi menolak maka terjadilah chaos.

Aksi saring dorong antara pengunjuk rasa dan anggota pasukan keamanan malah semakin menjadi-jadi sehingga memaksa pasukan menembakan gas air mata, dan menembakan water canon sehingga pendemo kocar kacir membubarkan diri.

Hal itu merupakan gambaran saat latihan Sispamkota dalam Rangka Pengamanan Pemilu ( Pilpres dan Pileg) tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Polres Pemalang, Rabu (20/03/2019) di depan Pendopo Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Drs. Budi Raharjo, S.H., M.M., Sekda Kabupaten Pemalang, Forkopimda, Mustaghfirin, S.Pd., Ketua KPU Kab Pemalang, Hery Setyawan, S.H., Bawaslu Kabupaten Pemalang, para Kapolsek jajaran Polres Pemalang, Wahyu S, Kasatpol PP Pemalang, Fatah Kadishub Pemalang, para camat se-kabupaten Pemalang, para Wartawan Media dan tamu undangan Perwakilan Parpol, dan diikuti sekitar 700 orang.

Dalam latihan tersebut dikerahkan, 5 SST Personil Polres Pemalang, 1 SST Pers. Kodim 0711/PML, 2 SST Satpol PP Kabupaten Pemalang, 1 SST Linmas dan masyarakat

Sebelum acara dimulai, Wakapolres Pemalang, Kompol Malpa Malcoppo S.H., SIK menekankan agar latihan hari ini untuk dilaksanakan dengan semangat dan antusias serta saling bersinergi karena latihan ini untuk mengantisipasi demo anarkis.

“Dalam latihan ini ada obyek-obyek vital yang harus kita amankan sehingga ada beberapa adegan dalam latihan yang nanti diperankan, oleh karena itu dalam pelaksanaan nanti supaya dipahami dan dihayati bagaimana mekanisme latihan,” ujar Kompol Malpa.

Kompol Malpa juga mengajak para anggota untuk kendalikan emosi dan pemikiran yang aneh- aneh karena pelaksanaan latihan tidak terlalu lama.

Red-HJ99/Joko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here