Bupati Mirna Dorong Masyarakat Jatigowok Kembangkan Desa Wisata

0

Kendal, Harianjateng.com – Bupati Kendal dr. Mirna Anissa, M.Si., dalam kunjungannya ke Dusun Jati gowok Desa Kedungasri Kecamatan Ringinarum mengajak seluruh masyarakat membangun desa dengan salah satunya lebih kreatif untuk menjadikannya sebagai desa wisata.

“Maksimalkan potensi ,munculkan sumber daya alam,sumberdaya manusia lebih sinergis, untuk membuat kekuatan di daerah kita menjadi desa wisata,” jelas Bupati Mirna, Kamis (24/10/2019).

Kegiatan dalam Rapat Koordinasi Pendamping Desa P3MD dan Dispermasdes Kabupaten Kendal dengan mengangkat tema “Peningkatan Kesejahteraan dan Perekonomian Desa melalui Konsep Desa Wisata” tersebut, Bupati berharap masyarakat mulai mempersiapkan diri menerima dampak dari KEK ( Kawasan Ekonomi Khusus ) dengan menyiapkan sumber daya manuasia dengan memberikan pembelajaran bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Arab dan China.

“Kita jangan hanya jadi buruh tapi kita semua harus siap menjadi tenaga tenaga ahli dan professional, salah satunya dengan membekali anak SD dengan bahasa asing,” tutur Bupati Mirna.

Sementara, Kades Kedungasri Supriyanto mengatakan, Dusun Jatigowok merupakan salah satu Dusun yang terisolir, dan masih masuk wilayah Desa Kedungasri, untuk mencapai dusun ini kita harus melewati jalan hutan milik Perhutani.

“Di Dusun Jatigowok ini berpenghuni 50 KK dan dusun ini merupakan wilayah terisolir dan masih masuk wilayah Desa Kedungasri, untuk sampai di Dusun ini harus melewati jalan milik Perhutani,”tuturnya.

Supriyanto juga mengatakan, permasalahan yang terjadi di Dusun Jatigowok adalah akses jalan, anggaran dari Dana Desa tidak bisa digunakan untuk pembangunan jalan Desa, karena terbentur masalah regulasi, karena untuk mencapai dusun ini harus melewati jalan milik Perhutani. Terkait untuk pembangunan jalan di Dusun Jatigowok ini sudah selesai 100 persen, namun pihaknya masih membutuhkan air bersih yang mana tahun ini sudah ada Pamsimas.

Red-HJ99/KM