PC IPNU IPPNU Pati Gelar Tur Rumat Literasi di 5 Eks-Kawedanan

0
50

Pati, Harianjateng.com- Lembaga Pers dan Jurnalistik PC IPNU IPPNU Pati telah selesai melaksanakan Rumat Literasi #1 di Gedung MA Darul Ulum Jaken, Minggu (02/02/2020).

 

Kegiatan yang dimulai pada jam 09.00-16.30 WIB ini diikuti oleh anggota IPNU dan IPPNU dari kecamatan Jaken, Jakenan, Winong dan Pucakwangi.

Rumat Literasi adalah sebuah wadah diskusi yang dipelopori oleh Lembaga Pers IPNU IPPNU Pati untuk berbagi pengetahuan tentang literasi. Karena berangkat dari keresahan kami dalam melihat data serta fakta yang membuktikan bahwa minat baca di Indonesia semakin rendah, terlebih di era teknologi seperti sekarang budaya membaca dan menulis kian tergerus, budaya literasi harus dirawat untuk menyelamatkan generasi guna merawat literasi.

Kegiatan ini diisi dengan pembahasan materi terkait membaca dan menulis yang disampaikan oleh perwakilan dari Lembaga Pers PC IPPNU Pati. Untuk materi terkait Jurnalistik Dasar dan Strategi Pemberitaan disampaikan oleh Lembaga Ta’lif wan Nasyr PCNU Pati.

Kegiatan Rumat Literasi ini disambut baik oleh Ketua Syuriyah MWC Jaken, dalam sambutannya, beliau mengataka, kegiatan Rumat Literasi merupakan kegiatan yang positif karena secara tidak langsung membentuk kesadaran dalam berliterasi, membaca dan menulis, memperkaya khazanah pengetahuan yang nantinya akan bermanfaat bagi Pelajar NU Kawedanan Jakenan kedepannya.

Sementara itu, Tristiana Hidayatul Wahidah, Perwakilan dari Lambaga Pers dan Jurnalistik PC IPPNU Pati menerangkan, dengan kemajuan zaman, literasi tidak akan tergilas oleh teknologi. Karena dengan literasi kita mampu menguasai teknologi.

Ia juga mengatakan, “literasi dapat membudayakan gerakan membaca serta menulis. Selain itu, literasi memiliki banyak manfaat. Salah satu keuntungan dari literasi ini, yaitu dapat melatih diri untuk terbiasa membaca serta dapat membiasakan peserta dapat menyerap informasi yang dibaca dan dirangkum dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahaminya”.

Rencananya, rangkaian tur Rumat Literasi akan digelar di 5 eks-kawedanan se kabupaten Pati. Setelah dari Kawedanan Jakenan, Tayu akan menjadi tuan rumah untuk kegiatan Rumat Literasi selanjutnya.

Red-HJ99/YH