Anggota DPD RI Dapil Jateng Abdul Kholik : Santri Sebagai Garda 4 Pilar Bangsa

0
Dr. Abdul Kholik, S.H., M.Si, Wakil Ketua Komite I DPD RI-Anggota MPR saat menyampaikan sosialisi empat pilar kebangsaan

Semarang, Harianjateng.com- Anggota DPD RI Dapil Jawa Tengah, Dr. Abdul Kholik, SH., M.Si menyelenggarakan program sosialisasi empat pilar kebangsaan degan peserta para santri, Selasa (11/2/2020) bertempat di Kantor Perwakilan DPD RI Jawa Tengah, Jalan Imam Bonjol, Semarang.

 

Acara yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indoensia raya tersebut, diikuti oleh santri dari kabupaten/kota di Semarang dan sekitarnya.

Disampaikan oleh Abdul Kholik, bawah sejarah perjuangan bangsa sejak era kemerdekaan tidak pernah terlepas dari peran penting para santri. Pangeran Diponegoro misalnya adalah santri yang berjuang melawan Belanda, karena melihat penderitaan rakyat akibat penjajah.

Lanjut Abdul Kholik, “begitupun pada era awal kemerdekaan, perjuangan heroik para santri di Surabaya berperang melawan tentara Inggris. Momen itu dikenal dan diperingati sebagai hari pahlawan 10 November. Karena itu peran santri sangat signifikan baik dulu, kini, dan masa datang”.

Menurutnya, peran santri termasuk dalam mensukseskan program empat pilar MPR, yaitu meningkatkan pemahaman dan pengamalan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, bhineka tunggal Ika, dan NKRI.

“Para santri merupakan garda utama dalam menjaga empat pilar bangsa,” kata Dr. Abdul Kholik, M.Si, yang juga merupakan Wakil Ketua Komite I DPD RI-Anggota MPR itu.

Red-HJ99/HR