Pemkab Kendal Luncurkan Program KENDAL PINTAR Berbagi

0

Kendal, Harianjateng.com – Bupati Kendal dr. Mirna Annisa, M.Si meluncurkan program Kendal PINTAR Berbagi dilaman web Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Kendal hari ini , Kamis (23/4). Peluncuran ini dilakukan dengan daring atau Video Conference melalui Streaming Zoom dan Live streaming Youtube.

 

Laman ini dibuat sebagai ruang bagi pendidik di Kendal untuk berbagi praktik baik, semangat positif, dan strategi pembelajaran yang kreatif. Sehingga guru tetap bisa melakukan proses pembelajaran yang berkualitas dan menyenangkan sambil membantu sesama yang masih beradapatasi dalam situasi pandemic corona.

Dalam sambutannya Bupati Mirna menyampaikan terima kasih kepada Tanoto Foundation dan para kepala sekolah serta semua pihak terkait atas kerjasama yang sudah terjalin baik selama ini.

“Saya mendorong semua bapak ibu, komunitas, dan penggerak pendidikan untuk berkolaborasi dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh ini melalui Kendal PINTAR berbagi di web Disdikbud Kendal yaitu disdikbud.kendalkab.go.id/pintarberbagi. Mudah-mudahan dengan adanya website ini memberikan informasi seputar jadwal kegiatan, sesi berbagi dan belajar bersama secara daring oleh komunitas dan rekan guru sejawat,” jelas Bupati.

Bupati menjelaskan. Ruang ini ditujukan bagi rekan guru yang lain dan murid agar dapat meningkatkan kemampuannya seputar pembelajaran jarak jauh. Dia berharap, adanya laman ini mampu menciptakan ruang interaksi, kolaborasi, dan kreatif bersama seluruh pengajar di kabupaten Kendal.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal Wahyu Yusuf Ahmadi, S.STP, M.Si menjelaskan, bahwa mau tidak mau dalam kondisi pandemic ini, pendidik harus terus berkreasi, dan kreatif dalam hal untuk menemukan metode ataupun cara dalam menyiasati kondisi ini.

“Maksud dari penyediaan laman ini adalah menyediakan akses-akses dalam praktik yang baik dalam pembelajaran jarak jauh, Sebagai pedoman dalam pembelajaran yang bisa diterapkan selama masa darurat covid 19. Maupun setelahnya,” ungkap Wahyu.

Kadindik menjelaskan, dengan penyediaan ini akan mampu mewujudkan pembelajaran yang kreatif dan menarik bagi peserta didik selama pembelajaran dirumah dan juga bermakna. Launching Kendal PINTAR berbagi juga merupakan bagian dari kerjasama Pemkab Kendal dan Tanoto Foundation

Koordinator Provinsi Tanoto Foundation Jawa Tengah, Dr. Nurkolis, MM menyampaikan update hasil kerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Tanoto Foundation khususunya update menaggapi darut covid 19. Nurkolis menjelaskan bahwa saat ini semua pihak dipaksa untuk belajar dari rumah, bekerja dari rumah dan beribadah dari rumah. Maka, Tanoto Foundation segera melaksanakan aksi cepat yaitu memberikan materi pelatihan dan pendampingan secara online.

“Maka langkah kami segera melakukan TOT untuk penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh secara online. Kemudian pendampingan guru dan kepala sekolah secara online, Pelaporan kegiatan berbasis online, Pendampingan KKG dan MGMP berbasis online, Ini semua dapat dimanfaatkan dalam masa darurat maupun setelahnya,” jelas doctor manajemen ini.

Nurkolis juga menyebutkan bahwa, langkah awal dilanchung web ini adalah sangat tepat untuk mewadahi berbagai inspirasi praktik baik dalam masa pembelajaran jarak jauh maupun setelahnya.

Kegiatan diikuti oleh semua jajaran dinas pendidikan, tanoto foundation, Korwil 20 kecamatan, Penagwas SD dan Smp. Kepala Sekolah Negeri dan Swasta, serta fasilitator daerah. Selain itu, juga disaksikan secara live streaming oleh lebih dari 1000 orang.

Setelah launching dilakukan kegiatan Ngobrol Pendidikan atau disingkat dengan Ngopeni melalui Live Streaming Youtube. Narasumber yang mengisi acara tersebut yaitu, Wahyu Yusuf Ahmadi, S.STP, M.Si – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Kendal. Koordinator Provinsi Tanoto Foundation Jawa Tengah Dr. Nurkolis, MM, dan Praktisi Pendidikan dan Training Specialist Tanoto Foundation Seno M Daud. Kegiatan dipandu oleh Yenny Efisari dan Supardi, staff PINTAR dan Fasilitator Program PINTAR di Kendal.

Laman ini berisi praktik baik berupa artikel, materi, lembar kerja, video, dan kuis-pembelajaran yang edukatif.

Red-HJ99/KM