Tim Medis Puskesmas Patean Didampingi Forkopimcam Beri Sosialisasi Bahaya Covid 19 Kepada Pemudik

0
33

Kendal, Harianjateng.com  – Tim kesehatan dari Puskesmas Patean didampingi Babinsa Curugsewu Ramil 08/Patean, Sertu Huda bersama, bhabinkamtibmas dan bidan desa melakukan penyemprotan disinfektan dan sosialisasi covid 19 kepada para pemudik,  Jumat (24/04/2020).

Disampaikan oleh Lilik, tim medis dari Puskesmas Patean bahwa selain melakukan penyemprotan desinfektan juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang penyebaran dan penularan virus corona yang sangat mudah dan cepat.

“Virus corona dapat bertahan hidup hingga tiga hari dengan menempel pada permukaan benda,jika benda tersebut  tersentuh, otomatis virus tersebut berpindah dan menemukan inang pada orangyang menyentuh benda tersebut,” ujar Lilik.

Ia mengimbau untuk mengenakan masker agar tidak menulari orang lain, dan menjaga selalu kebersihan tangan dengan cuci tangan menggunakan sabun ataupun  hand sanitizer sebelum dan setelah  beraktivitas.

Semntara itu, Sertu Huda selaku Babinsa Curugsewu menuturkan, terkait penanganan Covid 19, sebagai Babinsa dirinya harus berperan aktif dalam penanganan wabah Covid 19 di wilayah binaannya, dan bekerja sama dengan instansi terkait dalam upaya menghentikan penyebaran wabah tersebut.

“Termasuk kita laksanakan pendataan kepada para pemudik yang kembali ke kampung halaman, dan kemudian kita sarankan untuk mengarantina diri sendiri selama 14 hari agar apabila yang bersangkutan terpapar virus corona tidak menulari keluarga atau warga sekitarnya,” katanya.

Ia menambahkan, kita bersama tim medis juga terus memantau para pemudik yang sedang isolasi mandiri, apabila ada keluhan-keluhan yang mengarah pada gejala covid 19 maka akan kita laksanakan prosedur perawatan covid 19,” tegasnya.

Red-HJ99/KM