Fatayat NU Magelang Andil Dalam Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat

0

Magelang, Harianjateng.com  – Dalam upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat, Pimpinan Pusat (PP) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) mengadakan Program Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat (PKHM) bekerjasama dengan Corporate Social Responsibilty (CSR) Bank Tabungan Pensiunan Syariah (BTPNS).

“Program ini dilaksanakan di beberapa daerah se-Indonesia di antaranya adalah Provinsi Jawa Tengah. BTPNS sebagai pensupport kegiatan ini sudah menentukan titik mana saja yang akan menerima bantuan,” ungkap Ketua Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Kabupaten Magelang Evi Hikmah Nurchayati, S.Pd., Minggu (26/0/2020).

Ia mengatakan, di Kabupaten Magelang, PKHM Fatayat NU dipusatkan pada satu titik yaitu di Desa Ketunggeng Kecamatan Dukun dengan bentuk kegiatan berupa bantuan rehap Posyandu. “Pemilihan jenis kegiatan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing daerah. Adapun di Kabupaten Magelang sendiri sedang digalakkan Gerakan Desa Siaga, desa diharapkan memiliki sumberdaya dan kemampuan untuk mengatasi masalah kesehatan yang mandiri dalam rangka mewujudkan desa sehat. Posyandu sebagai salah satu pilar suksesnya keberlangsungan Desa Siaga. Untuk itu keberadaan ruang posyandu yg nyaman dan kondusif mempunyai andil yang besar dalam mendukung suksesnya program pemerintah tersebut,” ujar Evi.

Evi juga menyampaikan, dalam melaksanakan program rehab posyandu ini, PC Fatayat NU bekerjasama dengan pemerintah desa dan tokoh masyarakat setempat untuk menentukan lokasi, penyusunan anggaran sesuai dana yang disediakan untuk rehab, hingga proses pengerjaan dengan tetap berkonsultasi kepada pimpinan pusat.

Dijelaskan, pada tanggal 21 April 2020 kemarin telah diadakan serah terima dan penandatanganan Berita Acara Rehap Posyandu di Ketunggeng dari BTPNS yang diwakili Ibu Riyanti kepada Kepala Desa Ketunggeng dan PC Fatayat NU Kabupaten Magelang dengan didampingi Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Dukun, PR Fatayat Ketunggeng.

Evi Hikmah Nurchayati, S.Pd mengatakan, kegiatan ini bisa dilaksanakan atas dukungan dari Bank Tabungan Pensiunan Syari’ah untuk perbaikan lingkungan. Oleh karena itu, atas nama PC Fatayat NU Kabupaten Magelang pihaknya mengucapkan terima kasih kepada BTPNS dan seluruh pihak yang sudah bekerjasama dengan Fatayat NU dalam program tepat peduli infrastruktur.   “Saya berharap bantuan fisik untuk kepentingan masyarakat yang sudah diterima ini menjadi bentuk kepedulian Fatayat terhadap kualitas hidup masyarakat utamanya dalam bidang kesehatan dapat dirawat dengan baik,” pesannya.

Menurut Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Magelang ini, kegitan tersebut sekaligus menjadi acara bakti Fatayat NU dalam rangka Hari Lahir (Harlah) ke-70 Fatayat NU yang jatuh pada tanggal 24 April 2020. “PC Fatayat NU Kabupaten Magelang mengajak seluruh pengurus dan kader Fatayat NU untuk berkontribusi bersama menjadi garda terdepan dalam menjaga kesehatan keluarga dan masyarakat, lebih-lebih pada saat-saat sekarang di tengah pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Red-HJ99/Hi