DKP Provinsi Berikan Bantuan Bibit Ikan dan Pakan di Kabupaten Kendal

0
46

Kendal, Harianjateng.com- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Tengah bersama Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kendal ditribusikan bibit ikan bandeng dan lele di wilayah  Kabupaten Kendal, Senin (18/05/2020).

Bantuan sebanyak 468.000 ekor dan 4950 Kg pakan diberikan kepada pembudidaya ikan di Kecamatan Sukorejo dan Kecamatan Kendal.

Islahut Tamam, Kepala Seksi Pengembangan Komoditas dari  DKP Jateng mengatakan,  kegiatan ini menjadi salah satu  program Gubenur Jateng untuk penanganan paska covid-19 terkait dengan jaring pengaman ekonomi di Kabupaten Kendal, karena memiliki potensi tambak ikan dengan air tawar dan air payau.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan bibit dan pakan ikan dari provinsi yang diberikan  kepada pembudidaya di Kabupaten Kendal dapat bermanfaat, sehingga bisa meningkatkan dan menjaga ketahanan pangan khususnya ikan di wilayah Provinsi Jawa Tengah,” tutur Islahut

Ia mengungkapkan, selain di Kabupaten Kendal DKP Jateng juga meberikan bantuan kepada kelompok pembudidaya di enam kabupaten, diantaranya yaitu Kabupaten Sukoharjo, Temanggung, Klaten, Jepara dan Kabupaten Rembang.

Joko Suprayogo Kabid Budidaya DKP Kendal sangat mengapresiasi bantuan ataa bantuan yang diberikan oleh DKP Jateng yang diberikan kepada 6 kelompok pembudidaya ikan terdampak wabah virus covid-19 di Kabupaten Kendal. “Kami sangat berterima kasih atas bantuan bibit dan pakan ikan yang diberikan oleh DKP Provinsi kepada 3 kelompok budidaya ikan lele dan 3 kelompok budidaya ikan bandeng di Kabupaten Kendal. Respon DKP Provinsi sangat cepat, karena kami mengidentifikasi pada bulan April, dan Mei sudah bisa didistribusikan, sekali lagi saya ucapkan terima kasih,” ungkapnya.

Jamaludin Suyuti salah satu kelompok tani  dari  Kelurahan Bandenga yang mendapatkan bantuan, mengucapkan terima kasih kepada pihak pemerintah. “Saya mewakili kelompok tani tambak mengucapkan terima kasih kepada DKP Provinsi dan Kendal yang sudah memberikan bantuan bibit ikan dan memberikan pendampingan kepada kelompok kami,” ucapnya.

Setelah penyerahan bantuan, kemudian para kelompok tani tambak tersebut langsung menebarkan bibit ikan tersebut ditambaknya masing-masing.

Dalam kesempatan itu dihadiri oleh Islahut Tamam, Kepala Seksi Pengembangan Komoditas dari  DKP Jateng, Joko Suprayogo Kabid Budidaya DKP Kendal, dan para Kelompok Tani Tambak Kelurahan Bandengan, serta turut hadir Ketua Komisi B DPRD Kendal, Dian Alfat Muchammad dan Sekretaris Komisi B, Sri Supriyati.

Red-HJ99/KM