Yayasan Pondok Pesantren Al Fatah Banjarnegara Sambut Kedatangan Santri

0

Banjarnegara, Harianjateng.com– YPP Al Fatah Banjarnegara menyambut  para santri   yang  mulai hari ini  secara bergiliran memasuki  pondok pesantern   yang di lakukan secara  bertahab  sampai tanggal  30 Juli 2020.

Kedatangan  santri  dimulai hari ini  27 Juli  2020, diawali dari santri Diniyah  putra dan Diniyah  putri  kemudian di susul  santri MTS   putera  dan  puteri hari berikutnya,  Kemudian  MA  putrera dan  puteri   serta  SMK Putera dan Puteri , Kedatangan yang di lakukan cecara  bergelombang ini   terkait  dan  persiapan   pesantern  terutama    dengan  prosedur  dari  Tim Gugus  Covid 19  PP Al Fatah  Banjarnegara   yang  menjadwalkan  santri   yang datang secara  bersama  sama harus  sudah  memenuhi protokol kesehatan   yang di tetapkan   di lingkungan  pondok pesantren .

Tim Gugus Covid 19 YPP Al Fatah  Banjarnegara Yang di ketuai  Gus Makmun Arif  menggandeng Rumah Sakit  Islam  Banjarnegara dan  Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara dalam  pelaksanaan  menyambut  kedatangan para santri,  sehingga  para santri yang datang  benar benar  sudah  memenuhi prosedur kesehatan.

Pesantren Juga  menyediakan ruang  karantina  yang secara  khusus  di persiapkan   untuk  para santri  untuk  melakukan ioslasi mandiri   selama  14 hari sebelum  para santri  memasuki  asrama. Para santri yang  di perkenankan memasuki asrama  harus sudah  melakukan tes kesehatan  dan  di buktikan dengan membawa Surat  keterangan  Sehat dari  Rumah  Sakit, Dokter atau  Puskesmas  atau  telah  melakukan  isolasi mandiri dan tidak  melakukan kegiatan yang beresiko terhadap penyebaran Covid  19.

Selain itu,  melakukan sterilisasi  di dalam  komplek Asrama  dan  melakukan penambahahan  beberapa  fasilitas   penujang  dari    sistem sanitasi , tempat Cuci tangan dan pemagaran di sekeliling  pondok pesantren.
Prosedur  kedatangan  para santri   yang  masuk  Pesantern  terlebih  dulu  harus  di cek  kesehatanya, suhu badan, dan mengisi ceklist kesehatan yang  meggambarkan  kondisi  kesehatan secara  menyeluruh   para santri   selama  14 hari  sebelum kedatangan  ke Pesantern pemeriksaan tersebut  di lakukan  di PP Al Fatah  Banjarnegara  dengan  pengawasan dari  DKK Dan RSI  Kab Banjarnegara. Setelah  Para santri  melakukan  pemeriksaan secara menyeluruh  para santri  yang sudah memenuhi  standar   kesehatan  baru bisa  memasuki asrama  dengan tidak  di antar oleh  Wali  Santri.

“Para Wali santri  hanya  boleh  mengantar sampai  ke  gerbang  saja  dan tidak di  perbolehkan memasuki asrama,” terang Gus Makmun Arif, Senin (27/072020).

Gus Makmun juga mengatakan bahwa kgiatan Pembelajaran  di  Pondok Pesantren  akan di laksanakan setelah  semua  santri  masuk  dan  menetap di  asrama  pesantern dan  pelaksanaan Pembelajaran tetap di laksanakan dengan   prosedur  protokol  kesehatan yang telah di tetapkan oleh ketua gugus tugas covid 19. Untuk pembelajaran sekolah dilakukan secara bergantian dari mulai MTS, MA dan SMK yaitu dengan proses bapak ibu guru yang datang ke pondok dan semua santri diberikan modul sesuai dengan kebutuhan santri  dengan menggunakan prosedur protokol kesehatan.Kedatanga
namun kusus siswa SMK tetap dilakukan dengan cara luring menggunakan Komputer di sekolah dengan jaga jarak dan terjadwal sehingga tidak menimbulkan kerumunan dan bahaya akan covid 19 ini.

Persiapan untuk sekolah yaitu menyediakan peralatan protokol kesehatan sesuai aturan dari pemerintah. Kita berharap pendemi ini segara berakhir sehingga pembelajaran dapat optimal dan efektif.

Red -HJ99/HI