Dinas Kesehatan Kendal Melakukan Imunisasi Campak dan Rubella

0
35

Kendal, Harianjateng.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kendal targetkan imunisasi Campak dan Rubella dalam kurun waktu satu tahun, tahun 2020 sebanyak 16.236 anak se-Kabupaten Kendal.

 

Dinkes Kendal sudah mulai melakukan Imunisasi Campak dan Rubella atau imunisasi measless rubella (IMR) pada Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) dengan target seluruh siswa siswi Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kabupaten Kendal, Selasa (25/8/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kendal Drs. Ferinando RAD Bonay menjelaskan, jika imunisasi Campak dan Rubella dilakukan selama 2 kali dalam kurun waktu satu tahun, maka di tahun 2020 ini apa yang ditargetkan akan tercapai.
“Imunisasi ini kita lakukan satu tahun sebanyak dua kali, bulan Agustus – September dan bulan November. Target tahun ini adalah seluruh pelajar kelas 1 untuk bulan Agustus – September di 664 SD/MI dengan total 16.236 anak,” ujar Ferinando RAD Bonay.

Adapun untuk imunisasi ke dua pada bulan November diberikan kepada anak kelas 1,2 dan 5. Adapun untuk pelaksanaan imunisasi dilakukan di sekolah masing-masing bekerja sama dengan UPTD Puskesmas setempat.

Disamping itu untuk mengampu seluruh sekolah yang tesebar di Kabupaten Kendal, Setiap Puskemas diberikan tanggung jawab untuk melakukan imunisasi 2 sekolah setiap harinya selama kurun waktu satu bulan.

Sementara itu, pelaksanaan imunisasi juga memperhatikan protokol kesehatan dengan cara memberikan jadwal kepada masing-masing siswa, setiap anak yang hendak imunisasi juga memasuki ruangan satu persatu.

Sementara Kepala Sekolah SD Negeri 2 Sukodono Asmanai Mengatakan, teradapat 29 anak kelas 1 yang ada namun ada 1 anak yang tidak hadir, nantinya akan diikut sertakan pada gelombang selanjutnya yaitu di tanggal 31 Agustus mendatang.

Red-HJ99/KM