PPL STAINU Temanggung Manfaatkan Radio Sebagai Media Pembelajaran

0
64

Temanggung, Harianjateng.com- Melaksanakan trobosan media pembelajaran baru di MAN Temanggung, PPL STAINU Temanggung memanfaatkan Radio Santika FM untuk menyampaikan pembelajaran.

Dalam hal ini, PPL STAINU Temanggung bekerjasama dengan kru Santika FM, selain menyampaikan pembelajaran, PPL STAINU Temanggung ingin menciptakan suasana berbeda dari pembelajaran daring seperti yang biasanya, yakni melalui radio.

“Selain lebih sederhana, media radio juga sangat mendukung pembelajaran daring yang tidak perlu menggunakan data internet jadi, peserta didik dengan mudah mengakses pembelajaran dengan mudah dan tanpa takut kendala paketan data,” tutur Dheta selaku ketua kelompok PPL MAN Temanggung, Sabtu  (14/11/2020).

Penyampaian pembelajaran PAI melalui media radio adalah kali pertama yang diselenggarakan oleh peserta PPL STAINU Temanggung, meskipun lewat radio, penyampaian pembelajaran terasa berbeda dan lebih ringan karena bahasa yang digunakan lebih komunikatif agar para pendengar terutama peserta didik lebih enjoy saat mendengarkan pembelajaran lewat radio. Di sela materi pembelajaran, diselingi oleh lagu-lagu yang direquest oleh para peserta didik.

Walaupun lewat radio, peserta didik juga dapat bertanya melalui media Whatsapp. “Melihat respon dari grup pelajaran, peserta didik sangat antusias dan lebih aktif, dibuktikan dengan banyaknya peserta didik yang merespon dengan baik,” ujar Laila Salma selaku mahasiswa PPL.

“Adanya terobosan baru yaitu radio sebagai media pembelajaran daring menjadi nilai tersendiri baik untuk mahasiswa PPL sebagai ajang untuk melatih berbicara untuk khalayak umum, serta bagi peserta didik agar lebih mudah dan murah mengakses pembelajaran kala pandemi saat ini” tutur Bu Luluk Ifadah selaku Dewan Pembimbing Lapangan PPL MAN Temangung.

Adanya radio sebagai media pembelajaran ini diharapkan muncul media-media pembelajaran lain yang dapat memfasilitasi pembelajaran lebih efektif dan efisien lagi.

Red-HJ99/Das