Hari Jadi Brebes, Idza Bagi Bagi Bunga ke Nakes

0
34

Brebes,- Memperingati Hari Jadi ke-343 Kabupaten Brebes, Bupati Brebes membagikan bunga kepada para tenaga kesehatan (nakes). Pemberian tangkai bunga dikandung maksud sebagai ungkapan empati dan terimakasih kepada para nakes yang telah berjuang keras menjadi garda depan penanganan Pandemi Covid-19.

“Saya mengucapkan terima kasih, atas perjuangan keras menghadapi Pandemi,” ucap Idza saat membagi bunga kepada salah seorang perawat, dalam kunjungan dan pemberian penghargaan kepada para tenaga kesehatan di RSUD Brebes, Senin (18/1).

Menurut Idza, tenaga kesehatan harus mendapatkan support secara lahir maupun batin. Mereka telah berjuang sejak Maret 2020 menangani Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr Sartono menjelaskan, tenaga kesehatan berjumlah sekitar 6.080 orang. Mereka tersebar di 14 Rumah Sakit negeri dan swasta, dan 38 Puskesmas. Tidak sedikit dari Nakes yang terpapar bahkan meninggal dunia.

Bupati juga menyerahkan piagam penghargaan secara simbolis pada Direktur RSUD dan RSU swasta atas peran aktif memfasilitasi pelayanan kesehatan dalam penanganan covid-19 di Kabupaten Brebes.

D hari jadi ke 343 Kabupaten Brebes ini, pemerintah Kabupaten Brebes memberikan apresiasi melalui pemberian piagam penghargaan kepada 14 rumah sakit, 38 puskesmas dan 1 klinik Polres Brebes atas peran aktif dalam penanganan covid-19.

Melihat perkembangan kasus yang fluktuatif, pemerintah Kabupaten Brebes bersama jajaran TNI dan Polri terus bekerja keras dalam penanganan serta pencegahan penyebaran covid-19, walaupun sebentar lagi sudah ada vaksin

Direktur RSUD Brebes Dr dr Rasipin M Kes menyampaikan, terima kasih setinggi-tingginya terutama pada pemerintah Kabupaten Brebes yang telah memberikan bantuan dari Anggaran Pemerintah Belanja Daerah (APBD) untuk mensupport peralatan-peralatan fasilitas kesehatan yang dibutuhkan dalam penanggulangan covid- 19 di RSUD Brebes.

Dijelaskan Rasipin, RSUD Brebes menjadi salah satu rumah sakit yang bisa memeriksakan sampel Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Dari sekian banyak rumah sakit yang ada di Kabupaten Brebes, baru RSUD Brebes yang memiliki PCR, dan itu juga atas dukungan pemkab Brebes untuk memenuhi kualifikasi percepatan penanganan pasien covid-19 di RSUD Brebes, jelasnya.

Lanjut Rasipin, nantinya RSUD Brebes akan melaunching pelayanan Intensive Care Unit (ICU) Covid-19 dengan anggaran tahun 2020 dari pemkab Brebes juga akan dibelanjakan Ventilator ICU.

Idza juga menengok kegiatan pelayanan KB gratis yang digelar
Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Brebes di Puskesmas Brebes.

Idza melihat pelayanan KB Kesehatan gratis untuk pemasangan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) seperti IUD dan Implant bagi Pasangan Usia Subur (PUS) dalam merencanakan kelahiran.

Kepala Dinas DP3KB Brebes dr Sri Gunadi Parwoko, menjelaskan pelayanan KB Kes gratis  secara serentak di 38 Puskesmas se Kabupaten Brebes, termasuk di Puskesmas Brebes.

Idza meninjau ruang-ruang pelayanan kesehatan dan menyaksikan pemasangan Akseptor KB Kes di Puskesmas Brebes.

Turut hadir dalam peninjauan dan  penyerahan piagam perhargaan antara lain, suami Bupati Brebes Drs H Warsidin M Hum, Wakil Bupati Brebes Narjo SH MH, Ketua Pengadilan Negeri, Kejaksaan Negeri Brebes, perwakilan TNI dan Polri, Kepala Dinas Kesehatan dr Sartono, Direktur RSUD Brebes, Bumiayu, Direktur RSU Swasta, Kepala Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) se Kabupaten Brebes, Kepala Puskesmas serta tamu undangan lainnya. (Hms/Gust)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here