Bangkitlah KNPI Brebes..!

0
113

Oleh : Azmi A Majid

*Ketua Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila B2P3 Kab Brebes.
*Ketua Sepakat Brebes Bermartabat.

“Yang kami inginkan adalah suatu organisasi yang menampung kader-kader dari masing-masing partai atau masing-masing organiasi pemuda dan mahasiswa yang ada,” tulis Midian dalam autobiografinya yang disusun Ramadhan K.H. dan kawan-kawan, Demi Bangsa: Liku-Liku Pengabdian Prof. Dr. Midian Sirait: Dari Guru SR Porsea sampai Guru Besar ITB (1999: 198).

Inilah sepenggal kalimat dalam cerita sejarah terbentuknya Komite Nasional Pemuda Indonesia…..(KNPI)

Ali Moertopo (mantan menteri penerangan era Soeharto) pun suka dengan ide Midian itu.

Menurut Ali Akbar, Ali Moertopo (hlm. 22), yang pada saat itu sebagai Wakil Kepala Badan Koordinasi Intelejen Negara (Bakin) merangkap kepala Opsus, punya kehendak organisasi yang dimaksud haruslah menjadi “wadah tunggal” bagi organisasi kepemudaan.

Tokoh tokoh pemuda Akbar Tandjung, David Napitupulu – Kelompok Cipayung – Bersama tokoh lainnya akhirnya pada tanggal 23 Juli 1073 KNPI ini lahir dengan Deklarasi Pemuda Indonesia dengan tujuan sangat mulia menumbuh kembangkan kesadaran berbangsa dan bernegara yang berdaulat berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar (UUD)1945.

KNPI Kabupaten Brebes yang akan Musyawarah Daerah dalam beberapa hari lagi semoga bukan hanya membentuk kepengurusan baru saja, tetapi merumuskan dan membuat program program yang menyentuh langsung dengan pembangunan karakter pemuda, untuk mandiri, mempunyai integritas yang tinggi aktif membangun Brebes.

Pengembangan moral spiritual, mental ideologi, wawasan kebangsaan, kepemimpinan dan ketrampilan, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan ekonomi kerakyatan, sehingga mampu berperan aktif dan kritis serta konstruktif

Pengembangan komitmen kebangsaan, kemanusiaan, demokratisasi, keadilan dan kesejahteraan di kalangan kader KNPI khususnya dan masyarakat umumnya.

Hal tersebut sebagai aktualisasi dari kesadaran untuk mewujudkan tatanan masyarakat yang selaras, serasi dan seimbang.

Pemantapan keberadaan, fungsi dan peran KNPI, sehingga tercapai kemampuan optimal dalam melaksanakan tugas-tugas pengembangan organisasi serta mampu mengakomodir, mengemban dan menyalurkan aspirasi masyarakat

Silahkan membuat Program Kerja KNPI yang terarah dan terukur, karena masih di masa pandemi Covid-19 ini, tetap memberikan dorongan dan mengedepankan sosialisasi ke masyarakat dan penerapan langsung di setiap kegiatan KNPI.

Selama beberapa tahun silam keberadaan KNPI Brebes, seperti tenggelam dimungkinkan karena kepengurusannya asal comot, tidak mempunyai kapabilitas yang cukup untuk mengurus organisasi.

Semoga KNPI Brebes nantinya akan membawa angin perubahan , minimal memberikan kemanfaatan bagi stakeholder organisasi kepemudaan yang ada di dalamnnya , lebih lebih untuk masyarakat luas.
Selamat Bermusyawarah KNPI Brebes, dan Bangkitlah KNPI Brebes..!! (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here