Untuk Tahap Pertama, Belasan Ribu Vaksin Covid 19 Sudah Tiba di Brebes

0

Brebes,- Sebanyak 11.240 dosis vaksin COVID-19 sudah tiba di Kabupaten Brebes.

Dengan pengawalan ketat dari pihak Kepolisian, belasan ribu dosis vaksin yang diambil dari Gudang Farmasi Dinkes Jateng tiba di Brebes pada Minggu, 24 Januari 2021 melalui jalur darat.

Vaksin itu langsung dibawa ke gudang farmasi milik Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes yang berada di Kecamatan Brebes.

Setibanya di gudang farmasi, vaksin itu dimasukkan ke dalam cold chain guna menjaga kualitas vaksin.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Brebes, Imam Budi Santoso mengatakan, belasan ribu vaksin COVID-19 itu merupakan tahap pertama yang diperuntukan untuk tenaga medis.

“Siang hari ini, Kabupaten Brebes sudah mendapatkan alokasi Vaksin Covid-19, jenis Cinovax yang diperuntukan tahap pertama ini untuk tenaga kesehatan sejumlah 5.590, sehingga kita mendapatkan 11.240. Ini untuk dua kali dosis,” kata Imam.

Tak hanya vaksin, menurutnya, Brebes juga mendapatkan alokasi logistik lain untuk kegiatan tahap pertama.

“Untuk selanjutnya, dijadwalkan besok pagi, kita launching, selanjutnya dilakukan penyuntikan seluruh tenaga kesehatan di faskes baik di rumah sakit maupun puskesmas,” imbuhnya.

Pendistribusian ke faskes, lanjutnya, ada sebagian yang diantar ke puskesmas. Karena alat untuk membawa pun harus memenuhi suhu vaksinnya.

“Jadi tidak boleh lebih dari 8°C atau kurang dari 2°C, artinya space-nya antara 2 sampai 8 derajat (celcius). Jika perlu kami antar maka akan kami antar,” pungkasnya. (Gust)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here