Azmi; Brebes Perlu Galeri UMKM Yang Representatif

0
795

Brebes,- Pandemi Covid-19 berdampak ke segala sektor, salah satunya sektor ekonomi. Hal ini dirasakan secara signifikan oleh para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mengalami krisis ekonomi. Pasalnya, menurunnya daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19 juga sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha UMKM.

Krisis ekonomi yang dialami UMKM tanpa disadari dapat menjadi ancaman bagi perekonomian nasional. Oleh karena itu pembinaan dan bantuan untuk pelaku UMKM di masa pandemi perlu menjadi perhatian banyak sektor terutama lembaga pemerintah.

Demikian seperti halnya yang disampaikan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes, Zaenudin dalam sambutannya diacara Hari Ulang Tahun UKM Brebes Bermartabat. Kamis, 11 Maret 2021 di Larangan, Brebes.

“Pemerintah memberikan stimulus bantuan Presiden dan mendorong platform pemasaran untuk memperluas kemitraan, seperti kemitraan dengan minimarket nasional untuk menyediakan produk produk UKM daerah,” ungkapnya.

Upaya lainnya, menurut Zaenudin, yaitu melalui kerjasama dalam pemanfaatan inovasi dan teknologi yang dapat menunjang perbaikan mutu dan daya saing produk, proses pengolahan produk, kemasan dan sistem pemasaran serta lainnya.

Sementara, Pendiri dan Pembina UKM Brebes Brebes Bermartabat, Azmi A. Majid yang mewakili para pelaku UKM Brebes berharap Pemkab Brebes memberikan perhatian yang besar dengan mendirikan Galeri UKM.

“Sudah selayaknya Brebes punya galeri khusus UMKM di tingkat kabupaten. Setidaknya bisa menjadi pusat oleh-oleh, pusat pengenalan produk usaha lokal serta bisa membuka peluang UMKM mendapatkan pangsa pasar lebih luas,” tambahnya.

Lebih lanjut, Azmi menegaskan, untuk menjamin berlangsungnya kegiatan ekonomi mikro kecil menengah yang sesuai dengan koridor yang telah ditetapkan Pemerintah dan dalam rangka mendukung upaya Pemerintah agar UMKM naik kelas, maka dibutuhkan kerjasama antar kelompok UKM di Kabupaten Brebes.

Selain itu, Ketua UKM Brebes Bermartabat, Mochammad Iqbal Yulianto mengucakan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut aktif membesarkan UKM Brebes Bermartabat ini hingga besar dan memberi manfaat masyarakat luas. Ada 3 (tiga) program utama yaitu legalitas , kemasan dan marketing digital online dan offline.

“Sebagai wujud rasa syukur kami, diacara Hari Bhakti UKM Brebes Bermartabat yang pertama ini, kami rangkaikan dengan Pelatihan Digital Marketing, Peresmian Base Camp dan santunan anak yatim,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Perwakilan Pengurus Kadin, Ketua dan pengurus UKM Kluban, Remojong, Mitra Mandiri , UKM Guyub Rukun Salawase, YES Young Entrepreneur SBB, Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan , Pengurus MPC Pemuda Pancasila, Perwakilan Pengurus Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila Kabupaten Brebes, Ketua PAC Pemuda Pancasila Larangan dan Ketua PUK B2P3 Songgom serta beberapa Tokoh Masyarakat. (*/Gust)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here