Pelaku UMKM Brebes Dapat Ruang Pemasaran di Alfamart

0
352

Brebes,- Bupati Brebes, Idza Priyanti menandatangani Nota Kesepahaman Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Brebes dengan PT Sumber Alfaria Trijaya tbk terkait pemberdayaan, pembinaan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Brebes.

Penandatanganan kerjasama yang dilakukan di Pendopo Bupati Brebes pada Senin, 29 Maret 2019 ini disaksikan oleh Kepala Dinas Koprasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes Drs Zaenudin Msi, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Brebes, Masfuri, Kepala OPD terkait dan para pelaku UMKM Kabupaten Brebes.

“Kabupaten Brebes ini memiliki UMKM yang jumlahnya sangat banyak, namun terkendala pendistribusian dan pemasaran produk sehingga perlu menjalin kerjasama dengan Toko Modern yang memiliki jaringan luas, seperti Alfamart,” Ujar Idza usai menandatangani MoU.

Dengan adanya Kerjasama ini, Bupati Brebes berharap pelaku UMKM di Kabupaten Brebes lakunkeras karena sudah memiliki jalur distribusi dan pemasaran yang jelas dan luas. Kedepan, lanjutnya, bukan hanya dengan AlfaMart kerjasama semacam ini dilakukan, tetapi juga akan menggandeng toko-toko modern lainya.

“Dan saya berharap kedepan, akan ada kerjasama juga dengan toko modern yang lainnya. Sinergi akan terus di bangun, dalam upaya Pemkab Brebes membangun dan mengembangkan UMKM agar mampu berkembang, dan maju,” tambah Idza.

Bupati juga mendorong Pelaku UMKM untuk membuka jejaring didunia maya melalui toko online.

Sedangkan, Deputy Branch Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Nur Setyawan mengatakan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar prodak bisa dipasarkan melalui Toko Modern.

“Diantaranya kemasannya harus dibuat semenarik mungkin, komposisi harus jelas, izin usaha harus ada serta expired date -nya harus tertera,” jelasnya.

Pada dasarnya, kata Setyawan, Alfamart ingin kehadiranya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Untuk itu dengan kerjasama ini, Alfamart bisa merangkul semua pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Brebes agar bisa berkembang dan maju bersama-sama.

Kemudian, Perwakilan dari UMKM Brebes, Azmi A. Majid yang juga pendiri dan pembina UKM Brebes Bermartabat menyambut gembira dengan Kerjasama ini. Menurut Azmi, pelaku UKM dalam meningkatkan kualitas produk itu yang terpenting adalah packaging kemasan karena toko modern melakukan asesmen utama ini.

“Kami mengharapkan pihak Alfamart memberikan kelonggaran sedikit dalam asesmen ini, sehingga tidak seketat produsen besar berskala nasional,” harapnya.

Disamping itu, Ketua UKM Brebes Bermartabat, Mohamad Iqbal Yulianto mengatakan, jika untuk memasarkan produk produk UMKM di Toko Modern itu harus memenuhi kriteria dan standarisasi tertentu, maka Pemkab Brebes melalui satker terkait harus bisa membantu pelaku UMKM guna peningkatan kualitas produknya.

“Tentunya, dengan mengupayakan berbagai macam pelatihan, sehingga nantinya produk UMKM yang sangat potensial, dan yang perlu ditingkatkan bisa dibantu oleh Pemerintah. Semoga dengan kerjasama ini, kedepannya dapat memenuhi konsep simbiosis mutualisme,” terangnya. (Gust)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here