Sobat KKN Tematik Unnes Peduli Lingkungan, Kerja Bakti dan Nonton Film Kinipan

0
46

Brebes,- Sobat KKN tematik kemitraan disperakim provinsi jawa tengah unnes 2021 melakukan kegiatan kerja bakti bersama warga setempat di Desa Luwungragi, Bulakamba, Brebes pada Minggu, 9 Mei 2021. Kegiatan sosial ini dilakukan sebagai wujud kepedulian Sobat KKN Tematik Unnes terhadap lingkungan.

“Alhamduliiah.. Kegiatan kami diterima baik oleh warga setempat dan warga juga bisa diajak kerja sama walauun sekarang di masa Pandemi Covid-19 tetapi kita tidak boleh berpaling dari kebersihan lingkungan karena kebersihan itu penting”, ujar Cahya Fadilah selaku Ketua Kelompok Sobat KKN Tematik Unnes 2021.

Kami membersihkan lingkungan sekitar dan sanitasi di beberapa tempat yang sekiranya dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti Demam Berdarah (DBD) dan penyakit lainnya.

Dalam kegiatan ini kami hanya melibatkan 2 (dua) Rukun Tangga (RT) karena akan kami jadikan roll model untuk RT/RW lainnya bahwa pentingnya menjaga kebersihan.

“Sebenarnya kegiatan ini sudah ada, hanya saja sekarang sudah tidak berjalan dulu namannya jumsih (jumat bersih)”, ujar Ketua RT setempat.

Kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari satu malam. Setelah kerja bakti langsung dilanjut dengan nonton film bareng bersama warga. Film tersebut berjudul Kinipan, yang menceritakan kerusakan lingkungan yang berkepanjangan.

Lewat film tersebut kami berharap masyarakat Desa Luwungragi tersadar bahwa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan tahu akan dampaknya apabila lingkungan tidak dijaga dengan baik.

“Melalui film tersebut kami juga sekaligus melakukan sosialisasi akan pentingnya selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta selalu peduli terhadap lingkungan sekitar”, pungkasnya. (*/Gust)

*Nama penulis:
Miftakhul Ihwan Mahasiswa S1 / Ilmu Hukum Universitas Negeri Semarang/Sobat KKN Tematik 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here