Puluhan KPM PKH di Brebes, Ikuti Latihan Membatik

0
34

Senang dan antusias, kesan para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Desa Cikeusal Kidul, Kec. Ketanggungan, Kab. Brebes setelah mengikuti Pelatihan Membatik.

Kegiatan yang diinisiasikan Pendamping PKH Desa Cikeusal Kidul, Ali Hasbi Ashiddiqi merupakan bagian dari kegiatan P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga) dengan fokus pemberdayaan warga miskin agar mengenal dan mempunyai keterampilan membatik.

Ali mengatakan Pelatihan membatik ini dilaksanakan spontan setelah mendapat izin dari Kordinator PKH Tingkat Kabupaten, Fatah El Zaman. Hal itu, menurutnya, karena perlu motivasi lebih agar warga dengan sukarela mengikuti kegiatan tersebut.

“Pelatihan membatik dilaksanakan di rumah ketua kelompok PKH, Bu Karsem Dusun Cibogo, Desa Cikeusal Kidul. Kegiatan berlangsung lancar dan seru ketika para KPM melihat perubahan warna di kain yang mereka batik dengan motif khas dari Batik BangSin,” kata Ali Hasbi, Senin (24/05).

Sebelum memulai, Ali Hasbi dengan sigap mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pelatihan itu. Kordinasi dengan ketua kelompok PKH dan para KPM yang akhirnya terkumpul puluhan warga yang berkenan ikut.

Selesai pelatihan, Ali Hasbi menyampaikan terima kasih kepada Korcam PKH Ketanggungan, Moh. Asyari serta para Korkab PKH dan juga rekan Pendamping PKH Brebes.

“Terimakasih juga atas apresiasinya terhadap karya baru Batik BangSin motif KincirTik yang menjadi seragam Pendamping PKH se-Brebes. Tak lupa berkat doa dan support orang tua saya, Bapak Suhardjo yang lumpuh dan Ibu Wahyunah yang sepuh, mereka buat saya tetap semangart berkarya,” ungkapnya.

Salah satu peserta membatik BangSin, Waenah (37) mengaku senang. Meski baru pertama kali membatik, Waenah berharap bisa menekuni usaha Batik sehingga menjadi tambahan pengsilan.

“Semoga bisa menjadi aktivitas baru, dan kedepannya bisa menjadi tambahan penghasilan biar cepat graduasi dari PKH (tidak menjadi KPM lagi),” harapnya. (Gust)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here